Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Tren Pemesanan Tiket Melalui Online Semakin Meningkat

Kompas.com - 26/01/2021, 18:11 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Senior INDEF Aviliani mengatakan, tren pemesanan tiket untuk liburan melalui online saat ini semakin meningkat.

Dia bilang, sebelum ada pandemi orang yang melakukan pemesanan tiket secara online trennya memang sudah baik dan setelah ada pandemi hingga saat ini pun trennya malah justru semakin membaik lagi.

"Kenapa? Karena orang sekarang sudah mencari berbagai kemudahan. Melakukan pemesanan secara online salah satunya,"ujarnya saat jumpa pers virtual: Inovasi Berbasis Teknologi dan Prediksi Tren Perjalanan Traveloka 2021 yang disiarkan secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: BPJS Watch: Unrealized Loss BPJamsostek merupakan Mekanisme Pasar

Menurut dia, saat ini  sektor pariwisata bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Bahkan, ketika masyarakat ditanya tentang tujuan dari menabung, jawabannya bukan lagi hanya untuk hari tua tetapi untuk jalan-jalan.

"Bukan lagi sandang, pangan dan papan, tetapi juga termasuk di dalamnya wisata," ucapnya.

Dia juga mengatakan, ketika masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan, yang paling ramai terlebih dahulu bukanlah mal. Melainkan lokasi-lokasi wisata, entah itu di dalam kota maupun di luar kota.

Baca juga: Kemenkeu: Rasio Utang Indonesia Termasuk Paling Rendah...

Menurut dia pun, hal ini akan menjadi suatu kebiasaan baru bagi masyarakat. Dia pun memprediksi bahwa wisata domestik akan menjadi sasaran banyak orang untuk dikunjungi.

Oleh karena itu, lanjut dia, tugas utama pemerintah daerah adalah memperbaiki infrastruktur ataupun sistem di dalam wisata itu sendiri.

"Karena banyak masyarakat juga yang hidup dari sektor wisata. Jadi dengan dorongan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur, menjadi tugas utama mereka dan sektor wisata kita juga bisa hidup lebih cepat," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com