Ekonom: Tren Pemesanan Tiket Melalui Online Semakin Meningkat

Kompas.com - 26/01/2021, 18:11 WIB
Ilustrasi wisatawan bersepeda sambil memakai masker di Bali (Dok. Shutterstock) Ilustrasi wisatawan bersepeda sambil memakai masker di Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Senior INDEF Aviliani mengatakan, tren pemesanan tiket untuk liburan melalui online saat ini semakin meningkat.

Dia bilang, sebelum ada pandemi orang yang melakukan pemesanan tiket secara online trennya memang sudah baik dan setelah ada pandemi hingga saat ini pun trennya malah justru semakin membaik lagi.

"Kenapa? Karena orang sekarang sudah mencari berbagai kemudahan. Melakukan pemesanan secara online salah satunya,"ujarnya saat jumpa pers virtual: Inovasi Berbasis Teknologi dan Prediksi Tren Perjalanan Traveloka 2021 yang disiarkan secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: BPJS Watch: Unrealized Loss BPJamsostek merupakan Mekanisme Pasar

Menurut dia, saat ini  sektor pariwisata bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Bahkan, ketika masyarakat ditanya tentang tujuan dari menabung, jawabannya bukan lagi hanya untuk hari tua tetapi untuk jalan-jalan.

"Bukan lagi sandang, pangan dan papan, tetapi juga termasuk di dalamnya wisata," ucapnya.

Dia juga mengatakan, ketika masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan, yang paling ramai terlebih dahulu bukanlah mal. Melainkan lokasi-lokasi wisata, entah itu di dalam kota maupun di luar kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kemenkeu: Rasio Utang Indonesia Termasuk Paling Rendah...

Menurut dia pun, hal ini akan menjadi suatu kebiasaan baru bagi masyarakat. Dia pun memprediksi bahwa wisata domestik akan menjadi sasaran banyak orang untuk dikunjungi.

Oleh karena itu, lanjut dia, tugas utama pemerintah daerah adalah memperbaiki infrastruktur ataupun sistem di dalam wisata itu sendiri.

"Karena banyak masyarakat juga yang hidup dari sektor wisata. Jadi dengan dorongan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur, menjadi tugas utama mereka dan sektor wisata kita juga bisa hidup lebih cepat," ungkap dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.