Ini Tren Liburan yang Paling Diminati Wisatawan di 2021

Kompas.com - 26/01/2021, 20:32 WIB
Ilustrasi wisatawan asing tengah makan di kedai sate. SHUTTERSTOCK/RPMASSEIlustrasi wisatawan asing tengah makan di kedai sate.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan online travel agent di Indonesia yaitu Traveloka memprediksi tren liburan pada tahun 2021.

Head of Corporate Communications Traveloka Reza Amirul Juniarshah mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan Traveloka, mayoritas konsumen memilih staycation sebagai alternatif wisata di tengah pandemi Covid-19 dengan porsi mencapai 38 persen.

Kemudian diikuti dengan makan di restoran sebesar 34 persen, dan bepergian dengan pesawat sebesar 25 persen.

Baca juga: Ada Vaksinasi, AirAsia Siap Kembali Layani Sebagian Besar Rute Penerbangan

"Mungkin orang-orang juga sudah mulai bosan dan ingin sesekali makan di luar, jadi aktivitas makan di restoran juga cukup besar," ucapnya.

Selain itu, wisatawan banyak yang sudah merencanakan untuk berlibur dalam waktu 6 hingga 12 bulan ke depan. Hal ini terlihat dari minat wisatawan sebesar 57 persen untuk liburan dalam 6 bulan ke depan.

Wisatawan yang berniat ingin liburan dalam bulan ini juga sebesar 29 persen. Lalu, wisatawan yang berencana untuk berlibur dalam satu hingga 3 bulan ke depan sebesar 35 persen, dan rencana liburan dalam tiga sampai enam bulan ke depan sebesar 48 persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lelang Sukuk Negara, Pemerintah Serap Rp 9 Triliun

Sementara itu, dalam perencanaannya, wisatawan yang sudah memesan tiket transportasi atau penginapan juga terlihat sebesar 8 persen.

"Sedangkan wisatawan yang belum punya rencana tapi memantau promo liburan sebesar 35 persen," ucapnya.

Adapun survei ini dilakukan mulai dari tanggal 28 Mei dan 16 Agustus 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X