Ini Dua Konglomerat "Juragan Minyak" Terkaya dari Indonesia

Kompas.com - 27/01/2021, 08:11 WIB
Seorang pria bermasker tampak sedang berjalan melewati tangki minyak yang rusak di fasilitas kilang minyak Saudi Aramco di kota Jeddah, Laut Merah, Arab Saudi pada 24 November 2020. AFP/FAYEZ NURELDINESeorang pria bermasker tampak sedang berjalan melewati tangki minyak yang rusak di fasilitas kilang minyak Saudi Aramco di kota Jeddah, Laut Merah, Arab Saudi pada 24 November 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Sebagian besar para taipan teratas masih didominasi wajah-wajah lama.

Munculnya pandemi virus corona atau Covid-19 membuat setengah dari 50 orang terkaya Indonesia mengalami penurunan kekayaan dibanding tahun lalu.

Terlepas dari itu, kekayaan kolektif pengusaha superkaya RI hanya turun 1,2 persen menjadi 133 miliar dollar AS. Nilainya setara dengan Rp 1.875 triliun.

Dalam daftar 50 orang terkaya yang diterbitkan Forbes tersebut, terselip dua nama konglomerat yang memiliki bisnis utama minyak dan gas. Berikut daftarnya:

Baca juga: Ini 7 Orang Terkaya Indonesia dari Bisnis Kayu

1. Soegiarto Adikoesoemo

Nama Soegiarto Adikoesoemo bisa dibilang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, jika mendengar perusahaan miliknya, orang akan cukup familiar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia adalah pemilik dari PT AKR Corporindo Tbk atau yang lebih dikenal dengan AKR. Korporasi tersebut merupakan perusahaan distributor minyak (hilir) swasta terbesar di Indonesia.

AKR merupakan perusahaan terbuka yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 1994. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dengan nama PT Aneka Kimia Raya yang lini bisnis awalnya adalah perdagangan bahan kimia.

Belakangan, perusahaan ini merambah bisnis penjualan minyak. Jaringan SPBU AKR tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Di beberapa daerah terpencil, SPBU milik AKR berbagi tugas dengan SPBU Pertamina.

Baca juga: Daftar 5 Perusahaan Penguasa Perkebunan Kelapa Sawit di Kalsel

Soegiarto Adikoesoemo saat ini menempati urutan ke-46 sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Jumlah kekayaan bersih pria berusia 82 tahun ini adalah 555 juta dollar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.