Tol Lintas Sumatera Kini Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Kompas.com - 27/01/2021, 16:21 WIB
Kiri ke kanan:  Kadishub Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan ESDM Wanhar, General Manager PLN UID Lampung Pandapotan Manurung, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves M. Firdausi Manti serta Kepala Dinas ESDM Provinsi Lampung Hery S, meresmikan SPKLU di KM 20B ruas Tol Trans Sumatera, Selasa (26/1/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesKiri ke kanan: Kadishub Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan ESDM Wanhar, General Manager PLN UID Lampung Pandapotan Manurung, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves M. Firdausi Manti serta Kepala Dinas ESDM Provinsi Lampung Hery S, meresmikan SPKLU di KM 20B ruas Tol Trans Sumatera, Selasa (26/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Lintas Sumatera kini resmi memiliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), tepatnya di rest area kilo meter (KM) 20 B, Ruas Bakaheuni - Kayu Agung.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar berharap, dengan beroperasinya SPKLU pertama di ruas Tol Lintas Sumatera dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Ini adalah SPKLU yang ke-101 (di Indonesia),” kata Wanhar dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Berlaku 31 Mei 2020, Ini Tarif Pengisian Daya Kendaraan Listrik di SPKLU PLN

Wanhar menyebutkan, pengadaan SPKLU akan terus dilakukan di ruas Tol Lintas Sumatera.

Rencananya ke depan akan dibangun SPKLU di rest area KM 49 A arah Palembang, rest area KM 116 B arah Bakeheuni, dan rest area KM 234 A arah Palembang.

"Terima kasih khususnya kepada pihak PLN yang secara bertahap telah merealisasikan penyediaan Infrastruktur SPKLU secara nasional khususnya di jalur tol lintas Sumatera,” tutur Wanhar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, data Kementerian ESDM menyebutkan, hingga saat ini telah terbangun 101 unit Charging Station pada 73 lokasi yang tersebar di beberapa area seperti SPBU, SPBG, perkantoran, perhotelan, pusat perbelanjaan, area parkir, maupun rest area di sepanjang jalur tol.

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 tahun 2020, PT PLN (Persero) mendapatkan penugasan penyedian infrastruktur pengisian kendaraan bermotor listrik dengan rencana penambahan hingga 254.181 unit untuk 10 tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.