Kompas.com - 27/01/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot menguat pada Rabu (27/1/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah menguat tipis 15 poin (0,11 persen) pada level Rp 14.050 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.035 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan rupiah sore ini terdorong oleh optimisme pelaku pasar terkait dengan aturan turunan UU Cipta Kerja yang akan segera di umumkan bulan depan oleh Pemerintah.

Baca juga: Mau Beli Dollar AS? Intip Kurs Rupiah Hari Ini

Aturan ini berupa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan rancangan peraturan presiden (Raperpres).

Aturan turunan UU Cipta Kerja akan membuat implementasi reformasi dan transformasi struktural bisa segera dilakukan. Pemerintah juga menjamin impelementasinya akan berjalan baik, sehingga tujuan dari penerbitan aturan itu tercapai.

“Informasi tentang turunan UU Cipta Kerja yang akan segera di umumkan membuat pelaku pasar kembali optimis, reformasi kebijakan akan segera di jalankan sehingga arus modal asing kembali masuk dalam pasar finansial dalam negeri,” ujar Ibrahim dalam siaran pers.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: IHSG Melaju di Zona Merah Pagi Ini

Ibrahim bilang, antusias dari investor juga cukup tinggi dalam merespons penerbitan UU Cipta Kerja karena dapat memperbaiki iklim investasi. Selain itu, UU Cipta Kerja juga dapat menambah daya saing industri nasional untuk bersaing di pasar internasional.

“Hal ini bisa membuat Indonesia meningkatkan aliran investasi ke dalam negeri, khususnya berupa investasi yang ramah lingkungan dari hulu hingga hilir. Salah satunya ke rencana pembangunan industri mobil dan baterai listrik,” tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.