Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Gandeng Aftech Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

Kompas.com - 27/01/2021, 17:45 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggandeng Asosiasi FinTech Indonesia (Aftech) dalam mendorong pengembangan ekonomi digital dan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) Pengembangan Ekonomi Digital Nasional melalui Pemanfaatan Layanan Keuangan Digital yang dilakukan secara virtual pada Rabu (27/1/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan, pemerintah saat ini tengah mengembangkan Strategi Nasional (Stranas) Ekonomi Digital.

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Tingkatkan Sinergi Dengan 25 BPD dan 4 Bank Regional

Maka dengan adanya kerja sama tersebut, Aftech turut terlibat dalam mendukung penyusunan Stranas Ekonomi Digital yang mencakup talenta digital, riset dan inovasi, infrastruktur fisik dan digital, serta regulasi dan kebijakan yang mendukung.

Wakil Ketua Umum Aftech Budi Gandasoebrata menambahkan, pihaknya terus mendukung digitalisasi UMKM, melalui inovasi dan teknologi layanan keuangan digital.

Ia berharap, digitalisasi yang meningkatkan akses terhadap berbagai layanan keuangan serta korelasi dengan ekosistem ekonomi digital, dapat membantu UMKM nasional bertahan dan bertumbuh pada masa pandemi ini.

"Aftech mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan layanan serta peningkatan literasi keuangan digital,” ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com