Pemerintah Gandeng Aftech Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

Kompas.com - 27/01/2021, 17:45 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggandeng Asosiasi FinTech Indonesia ( Aftech) dalam mendorong pengembangan ekonomi digital dan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) Pengembangan Ekonomi Digital Nasional melalui Pemanfaatan Layanan Keuangan Digital yang dilakukan secara virtual pada Rabu (27/1/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan, pemerintah saat ini tengah mengembangkan Strategi Nasional (Stranas) Ekonomi Digital.

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Tingkatkan Sinergi Dengan 25 BPD dan 4 Bank Regional

Maka dengan adanya kerja sama tersebut, Aftech turut terlibat dalam mendukung penyusunan Stranas Ekonomi Digital yang mencakup talenta digital, riset dan inovasi, infrastruktur fisik dan digital, serta regulasi dan kebijakan yang mendukung.

Wakil Ketua Umum Aftech Budi Gandasoebrata menambahkan, pihaknya terus mendukung digitalisasi UMKM, melalui inovasi dan teknologi layanan keuangan digital.

Ia berharap, digitalisasi yang meningkatkan akses terhadap berbagai layanan keuangan serta korelasi dengan ekosistem ekonomi digital, dapat membantu UMKM nasional bertahan dan bertumbuh pada masa pandemi ini.

"Aftech mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan layanan serta peningkatan literasi keuangan digital,” ujar Budi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X