Kompas.com - 27/01/2021, 17:46 WIB
Ilustrasi Kilang Minyak PIXABAY/ISA KARAKUSIlustrasi Kilang Minyak

JAKARTA,  KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui subholding Refining and Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional atau KPI, menyatakan proyek Refinery Master Development Program (RDMP) Kilang Balikpapan terus dijalankan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Corporate Secretary KPI Ifki Sukarya mengatakan, sampai saat ini progres pembangunan fisik proyek RDMP Balikpapan telah mencapai 27,99 persen.

"Proyek berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat, disamping juga turut mendorong program pemulihan ekonomi karena menyerap lebih dari 5.000 tenaga kerja saat ini," ujar Ifki dalam keterangan tertulis, dikutip (27/1/2021).

Baca juga: Kilang Cilacap Produksi 334.000 Liter Pertalite Per Bulan

Proyek RDMP Kilang Balikpapan ditargetkan mampu meningkatkan kapasitas produksi Kilang RU V Balikpapan dari 260 kpbd menjadi 360 kpbd dan menghasilkan produk-produk yang memenuhi standar Euro V.

Ifki menyebutkan, meski saat ini tengah dihadapi triple shock dari pandemi Covid-19, perseroan berkomitmen untuk melaksanakan proyek-proyek pengembangan kilang lainnya.

Sepanjang tahun 2020, KPI telah menyatukan energi sumber daya yang ada untuk menjalankan proyek-poyek strategis nasional yang terdiri dari RDMP Balikpapan, RDMP Cilacap & Biorefinery, RDMP Balongan Phase 1, 2, dan 3, RDMP Plaju & Green Refinery (Biorefinery).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pengerjaan proyek Pertamina memberikan multiplier effects untuk kehidupan masyarakat, terutama terkait dengan penyerapan tenaga kerja dengan estimasi di angka 15.000 pekerja pada saat puncak fase konstruksi dan 600 hingga 800 pekerja ketika sudah beroperasi serta target penyerapan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) adalah 35 persen,” ucap Ifki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.