Telkom Mau Disulap Jadi Digital Hub BUMN-BUMN

Kompas.com - 27/01/2021, 19:10 WIB
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteru Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya akan menjadikan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menjadi pusat digital bagi perusahaan plat merah lainnya.

Hal itu dilakukan dalam rangka transformasi digital yang diharapkan bisa mendorong daya saing pekerekonomian Indonesia ke depannya.

“Telkom juga akan kita transformasi, selain menjadi perusahaan publik yang baik dan profitable juga jadi digital hub bagi BUMN. Telkom diharapkan sebagai sisi advance dalam digital transformation bisa mensupport BUMN-BUMN lain untuk digitalisasi diberbagai sektor yang masih tradisional,” ujar pria yang akrab disapa Tiko itu dalam sebuah webinar, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Netflix Rilis Rangking Kecepatan ISP di Indonesia, Begini Respons Telkom

Tiko mencontohkan, misalnya di sektor BUMN transportasi. Dia ingin ke depannya BUMN tersebut menerapkan sistem e-ticketing atau tiket digital.

“Kemudian di sektor logistik bagaimana logisitik Indonesia dari end to end bisa dimasukan ke dalam ekosistem yang lengkap,” kata dia.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menambahkan, digitalisasi juga bisa diterapkan di sektor kesehatan. Misalnya dengan menerapkan telemedicine dan mengintegerasikan layanan kesehatan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sehingga masyarakat ke depan bisa melakukan layanan kesehatan dengan platform teknologi. Ini berhagai inovasi yang diharapkan menjadi game changer di vertikal sektor utama yang akan mengubah kebiasaan masyarakat dan bisnis model baru ke depan,” ujar dia.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Mantan Kepala BPKP Jadi Stafsus Kementerian BUMN



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X