Ingin Membuka Bisnis Franchise? Simak Tips dari Para Pengusaha

Kompas.com - 28/01/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi franchise, waralaba Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi franchise, waralaba

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO & Founder Sour Sally Group Donny Pramono mengatakan, bisnis franchise merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang cukup besar.

"Kita tahu, selain bisa membantu ekspansi bisnis, franchise juga dapat membantu untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat. Ke depan pun saya kira ini masih akan terus memberikan peluang," ujarnya dalam ShopeePay Talk bertajuk Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise yang disiarkan secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Walau demikian, membuka bisnis franchise harus dibarengi dengan berbagai strategi agar bisa memberikan keuntungan yang signifikan.

Baca juga: Beda dengan Trump, Biden Bakal Naikkan Pajak untuk Orang Tajir AS

Dia pun membagikan tips bagaimana membuka bisnis franchise. Menurut dia, ada 4 hal yang harus sebaiknya dipersiapkan dalam membuka franchise.

Pertama, disebutkan dia, adalah produk. Dia bilang produk yang dijual harus oke, harus unik, dan bisa diterima tastenya untuk para calon customer yang ingin dituju.

Kedua adalah secara brand atau awareness. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand yang dimiliki, dibutuhkan juga brand marketing ataupun dengan menggelar promo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain dengan menggunakan medsos, endorsment ataupun berpartner dengan influencer terkenal, bisa juga menggelar promo supaya brand kita cepat terkenal dan populer," jelasnya.

Ketiga adalah pengalaman manajemen. Dia bilang dalam membuka usaha franchise, Standard Operating Procedure (SOP) harus bisa dibuat sesimpel mungkin agar bisa terintegrasi dengan semua sistem.

Sementara yang keempat adalah hitung-hitungan yang harus masuk akal. Jumlah produk yang harus dijual dalam seharinya dan biaya sewa tenant harus dihitung.

Baca juga: Harga Emas di Pasar Internasional Kembali Jatuh

Apabila hitung-hitungannya masih masuk akal, maka bisa dipastikan bisnis franchise cukup ideal. Namun apabila jumlah biaya sewa dan jumlah orderan perhari yang dijual terbilang enggak masuk akal, akan susah berkembang.

"Ini yang menjadi acuan buat teman-teman yang ingin memfranchisekan sebuah bisnis ataupun membisniskan franchisenya. Kalau memang mau membuka bisnis franchise ataupun sebaliknya, pastikan terlebih dahulu apakah brand Anda sudah memenuhi kriteria tersebut atau belum," jelas dia.

Sementara itu, CMO PT Otewe Maju Bersama (Bakwan Day) Tjoek Widharyoko mengatakan hal yang serupa. Menurut dia ada salah satu tips yang juga harus dilakukan oleh para pebisnis franchise, yaitu menerapkan pembayaran non tunai.

Dia menjelaskan, pembayaran non tunai melalui platform online, selain bisa memberikan kemudahan kepada para konsumennya juga dapat meminimalisir tindak kecurangan yang bisa dilakukan oleh para karyawan. "Kalau pakai digital kan jelas jejak pembayarannya seperti apa. Jadi meminimalisir kecurangan dari karyawan," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.