Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejatuhan Indeks Wall Street Seret Rupiah Melemah Pagi Ini

Kompas.com - 28/01/2021, 10:21 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot kembali melemah pada Kamis (28/1/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.10 WIB rupiah berada pada level Rp 14.090 per dollar AS atau melemah 40 poin (0,28 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.050 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, runtuhnya indeks Wall Street pada penutupan pagi tadi mendorong pelemahan rupiah.

Baca juga: Rincian Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian Terbaru

Melemahnya S&P 500 sebesar 2,5 persen, Dow Jones Industrial Average 1,05 persen, dan indeks acuan saham teknologi Nasdaq 2,6 persen mengindikasikan pelaku pasar yang enggan masuk ke asset berisiko.

Rupiah berpotensi melemah hari ini terhadap dollar AS mengikuti kejatuhan dalam indeks saham AS semalam. Kejatuhan ini mengindikasikan keenganan pelaku pasar untuk masuk ke aset berisiko saat ini,” ujar Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, ada beberapa sentimen negatif yang terakumulasi, diantaranya kekhawatiran rencana stimulus besar dari Presiden Joe Biden yang tidak akan secepat dan sebesar yang diharapkan, kemudian kasus pandemi dunia yang masih meninggi, turut menekan aset berisiko.

“Stimulus sangat diharapkan untuk membantu pemulihan ekonomi, pengendalian pandemi dan kelancaran vaksinasi,” jelas Ariston.

Baca juga: Kalbe Farma Dapat Suntikan Dana Segar Rp 770 Miliar untuk Pembiayaan Uji Klinis

Di sisi lain, dini hari tadi, Bank Sentral AS memutuskan untuk tetap mendukung kebijakan suku bunga rendah. Sementara, bank sentral masih mengkhawatirkan pemulihan ekonomi saat ini yang sangat bergantung pada penurunan penularan virus Covid-19 dan kemajuan pelaksanaan vaksinasi.

Ariston memprediksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.000 per dollar AS sampai dengan Rp 14.150 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com