Kementan Prediksi Harga Telur Ayam Bakal Turun hingga Akhir Februari

Kompas.com - 28/01/2021, 15:50 WIB
Ilustrasi telur ayam (Dok. Freepik/Jcomp) Ilustrasi telur ayam

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan penurunan harga telur ayam terus berlanjut hingga akhir Februari 2021.

Ini imbas dari melimpahnya pasokan telur namun rendahnya daya serap pasar.

Menurut data Asosiasi Peternak Layer Nasional harga telur ayam di tingkat peternak saat ini Rp 16.000-Rp 17.000 per kilogram secara nasional.

Baca juga: Ini Kata Peternak soal Penyebab Anjloknya Harga Telur Ayam

Jauh di bawah harga yang dipatok pemerintah sebesar Rp 19.000-Rp 21.000 per kilogram dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2020.

"Tren penurunan harga telur ayam menurut proyeksi kami akan terjadi sampai minggu ketiga Februari," ungkap Kepala Bidang Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Inti Pertiwi kepada Kompas.com, Kamis (28/1/2021).

Inti mengatakan, faktor pemicu turunnya harga telur ayam saat ini adalah produksi yang tinggi, sedangkan terjadi tren penurunan permintaan telur dari periode pergantian tahun, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sehingga pasokan telur ayam pun berlimpah," imbuh dia.

Inti menjelaskan, penurunan harga telur yang berlanjut hingga akhir Februari tercermin dari perkiraan necara bulanan yang menunjukkan telur suprlus hingga 38.136 ton.

Baca juga: Ini 18 Lokasi Penjualan Telur Ayam Rp 24.000 per Kilogram

Setelahnya, tren harga telur pun berbalik dengan merangkak naik hingga akhir Mei mendatang.

Hal ini berdasarkan proyeksi neraca bulanan yang menunjukkan telur akan alami defisit 23.780 ton.

"Harga eceren telur ayam ras diperkirakan akan alami peningkatan hingga akhir Mei 2021 dengan kisaran peningkatan 0,53 persen," jelas Inti.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per 27 Januari 2021, rata-rata harga jual telur di tingkat konsumen mencapai Rp 26.900 per kilogram secara nasional.

Baca juga: Ini Langkah Kementan Tekan Harga Telur Ayam yang Melonjak

Namun, harga telur di sejumlah wilayah terpantau berada bawah rata-rata nasional. Seperti DKI Jakarta harga telur kini Rp 22.850 per kilogram, Jawa Barat Rp 22.100 per kilogram, dan Jawa Timur Rp 20.600 per kilogram.

Adapun dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2020 harga acuan penjualan telur di tingkat konsumen dipatok Rp 24.000 per kilogram.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.