Menaker: Dengan Banyaknya SDM yang Kompeten, Penyerapan Tenaga Kerja Akan Meningkat

Kompas.com - 28/01/2021, 16:17 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan sambutan secara virtual di Jakarta, Senin (4/1/2021). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan sambutan secara virtual di Jakarta, Senin (4/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan program peningkatan kompetensi dan keterampilan menjadi sangat penting di era revolusi industri 4.0.

"Pada akhirnya, dengan banyaknya SDM yang kompeten, penyerapan tenaga kerja dan produktivitas akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan," ujar Menaker melalui tayangan virtual, Kamis (28/1/2021).

Ida mengatakan, kompetensi dan keterampilan adalah perlindungan terbaik bagi angkatan kerja baru dan para pekerja.

Oleh karena itu kata Menaker, setiap pekerja harus punya skill yang tersertifikasi. Dengan adanya skill, setiap individu akan punya kemampuan bekerja secara terus-menerus baik bekerja untuk orang lain maupun membuka lapangan kerja baru.

Baca juga: Kementan Prediksi Harga Telur Ayam Bakal Turun Hingga Akhir Februari

"Dunia dengan cepat berubah, penggunaan teknologi semakin meningkat, dan muncul banyak pekerjaan, kompetensi dan keahlian baru yang mendisrupsi sektor ketenagakerjaan," kata dia.

Ia mengatakan, pemerintah telah bergerak cepat menyelesaikan masalah terkait kualitas SDM nasional melalui masifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah menargetkan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM Indonesia sehingga bisa produktif dan bersaing di era yang akan datang.

Baca juga: Luhut: Kita Bawa Danau Toba ke Panggung Wisata Dunia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X