Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Platform Ini, UMKM Bisa Belajar Mengembangkan Bisnis Secara Digital

Kompas.com - 28/01/2021, 17:58 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biznis.id resmi diluncurkan sebagai salah satu platform yang bisa digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mendapatkan berbagai materi pelatihan dalam mengembangkan bisnis.

Founder Biznis.id Budi Satria Isman mengatakan, bagi UMKM yang akan memulai atau mengembangkan bisnis, perlu memahami banyak hal, terutama dalam hal business skills, pemahaman terhadap market, permodalan, penggunaan teknologi, pengetahuan terhadap finansial, legalitas dan pengembangan jaringan/networking.

Melalui platform inilah para pelaku UMKM bisa mengakses hal tersebut.

Baca juga: [POPULER MONEY] Dua Raja Minyak Indonesia | Hoaks Formulir BLT UMKM

"Harapannya, melalui platform ini, UMKM bisa mengakses berbagai pelatihan sehingga mereka bisa memiliki business skill yang baik dan dapat berkembang, serta memiliki bisnis yang profitable dan sustainable," ujar Budi saat press launch Biznis.id, Kamis ( 28/1/2021).

Sementara itu, Baskorohadi Sukatmo yang juga merupakan Founder Biznis.id mengatakan, Biznis.id adalah platform pembelajaran bisnis secara digital yang memberikan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis yang disampaikan oleh para mentor yang merupakan praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

Ada beragam kelas pembelajaran yang akan dihadirkan mulai dari fundamental bisnis, seperti Smart Business Map dan Value Creation sampai dengan bidang spesifik.

Lalu ada juga materi mengenai Finance & Human Capital yang membahas seputar Managing Working Capital, Cashflow Management, Understanding Financial Report, Smart Interview, Coaching Skills, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Rilis Aturan Securuties Crowdfunding, OJK: Beri Kesempatan untuk UMKM

"Peluncuran kelas baru juga akan terus berlanjut kami lakukan untuk memperkuat pemahaman fundamental bisnis serta melengkapi spesifik skills para entrepreneur," ucap Baskoro.

Baskoro mengatakan, materi pembelajaran/pelatihan skill akan disampaikan oleh para mentor yang merupakan praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis seperti Budi Satria Isman (Business & Management Expert, Former CEO Sari Husada (Part of Danone Group) dan Group Director Coca Cola Amatil), Roy Soeradji (Retail Management & FMCG Expert, dan masih banyak lainnya.

"Setelah resmi diluncurkan kini pelaku UMKM bisa mengaksesnya dengan mudah dan diunduh di playstore dan website www.biznis.id," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com