Pertama Kali, Kapal Tol Laut Bersandar di Pelabuhan Depapre

Kompas.com - 28/01/2021, 19:28 WIB
Ilustrasi Kapal Tol Laut KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi Kapal Tol Laut
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Depapre resmi beroperasi dengan bersandarnya kapal tol laut Logistik Nusantara 2 yang dioperasikan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero).

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan, Cris Kuntadi, yang turut hadir dalam peresmian tersebut mengatakan Pelabuhan Depapre ini diproyeksikan sebagai penyeimbang atau penunjang Pelabuhan Jayapura yang saat ini sudah padat dan cukup mempengaruhi aktivitas Kota Jayapura.

“Sebagai pelabuhan penyanggah program multimoda sebagaimana yang telah dilaksanakan di Timika bahwasaannya program tol laut dapat melayani hingga daerah terpencil hingga pegunungan Papua. Dari Depapre akan langsung diangkut menggunakan truk melalui program subsidi angkutan jalan ke Bandara Sentani Jayapura dan dibawa oleh pesawat ke wilayah pegunungan oleh Program Jembatan Udara,” ujar Cris seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (28/1/2021).

Chris mengatakan, program tol laut merupakan salah satu Program Strategis Prioritas Nasional Tahun 2021 yang menjalankan 32 rute salah satunya rute lingkar Papua dengan kode trayek T-19 yaitu Merauke – Kokas – Sorong – Supriori/Biak – Depapre/Jayapura.

“Rute ini belum pernah ada sebelumnya baik tol laut maupun komersil,” ucap Cris.

Baca juga: Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia, tetapi Ekspornya Kalah dari Swiss

Penetapan rute didasarkan pada Inpres No. 10 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua Dan Papua Barat.

Selain itu juga adanya surplus beras di wilayah Merauke yang selama ini bila mendistribusikan ke Papua Utara harus melalui Surabaya dalam rangka mendukung swasembada beras di wilayah Papua dan Papua Barat.

Chris mengatakan, adanya rute tol laut tersebut membuka pelabuhan-pelabuhan baru, diantaranya Pelabuhan Kokas di Fakfak, Pelabuhan Korido di Supriori Biak dan Pelabuhan Depapre di Jayapura dalam rangka ships promote the trade.

Rute tol laut dengan kode trayek T-19 ini dilayani oleh penugasan kapal milik PT Pelni yaitu Kapal Logistik Nusantara 2 yang di lepas oleh Wakil Bupati Merauke sebagai pelabuhan pangkal pada Kamis, (14/1/2020) dengan membawa muatan 21 kontainer.

Kapal telah singgah di Pelabuhan Kokas yang merupakan Pelabuhan di wilayah Kab. Fakfak yang disambut oleh Wakil Gubernur Papua Barat pada Kamis, (21/1/2020).

Selanjutnya kapal tiba di Pelabuhan Sorong pada Sabtu, (23/1/2020) dan di Pelabuhan Korido pada Minggu, (24/1/2020) yang juga merupakan Pelabuhan Baru yang masih dalam tahap uji coba di Kabupaten Supriori Biak.

Baca juga: Meterai Rp 10.000 Sudah Didistribusikan, Begini Tampilannya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X