Bank Mandiri Berencana Terbitkan Green Bonds 300 Juta Dollar AS Tahun Ini

Kompas.com - 28/01/2021, 19:42 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan alias green bond senilai 300 juta dollar AS pada tahun 2021.

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, penerbitan green bond diperlukan untuk mendukung strategi bisnis jangka menengah dan panjang, yaitu dalam kurun lebih dari 3 tahun dan lebih dari 5 tahun.

"Yang sudah ada dalam rencana Bank Mandiri adalah untuk penerbitan terkait green bonds, yang kita rencanakan size-nya lebih kurang 300 juta dollar AS di tahun 2021," kata Darmawan dalam paparan kinerja perseroan kuartal IV 2020, Kamis (28/1/2021).

Baca juga: Diminta BI Turunkan Suku Bunga, Ini Respons Bank Mandiri

Darmawan menuturkan, penerbitan obligasi tersebut merupakan bagian dari ticket size penerbitan senilai 2 miliar dollar AS yang telah disetujui.

Saat ini, penerbitan MTN sudah terealisasi sebesar 1,25 miliar dollar AS.

Sisanya sebanyak 750 juta dollar AS bakal dimanfaatkan di tahun 2021, termasuk di dalamnya penerbitan green bonds 300 juta dollar AS.

"Masih ada ticket (size) 750 juta dollar AS. Nah 750 juta dollar AS ini akan dimanfaatkan di tahun 2021," ungkap Darmawan.

Selain itu, bank bersandi saham BMRI ini masih memiliki ruang untuk menerbitkan obligasi sebesar Rp 19 triliun melalui PUB hingga 2020.

Baca juga: Ada Rencana Bangun Bank Digital, Bank Mandiri Pilih Jalur Organik

Namun, untuk penerbitan obligasi rupiah ini, pihaknya masih mengkaji waktu yang sesuai untuk mengeksekusi penerbitannya.

"Mempertimbangkan kondisi likuiditas rupiah dan pasar yang sangat ample. Memang saat ini kondisi likuiditas sangat cukup untuk mendukung rencana bisnis Bank Mandiri di tahun 2021, bahkan mungkin di tahun 2022 kita sudah siapkan sejak triwulan I 2020," pungkas Darmawan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X