Kenaikan Indeks Wall Street, Jadi Angin Segar bagi Rupiah Pagi Ini

Kompas.com - 29/01/2021, 09:48 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/PramataIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat pada Jumat (29/1/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.16 WIB rupiah berada pada level Rp 14.058 per dollar AS atau menguat 20 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.078 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun menguat pagi ini, rupiah masih berpeluang melemah hari ini.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah, Ini Faktor Pendorongnya

 

Hal ini lantaran kenaikan kasus Covid-19 di sunia mendorong banyak pembatasan ekonomi di beberapa negara.

“Meskipun sentimen terhadap aset berisiko membaik karena indeks saham AS berhasil menguat kemarin, tapi rupiah kelihatannya masih bisa tertekan hari ini terhadap dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ariston mengatakan, saat ini pasar masih mengkhawatirkan peningkatan kasus Covid-19 di dunia dan di tanah air yang bisa membatasi pemulihan ekonomi.

Selain itu, pasar masih merespon negatif terhadap kemungkinan perilisan stimulus fiskal AS yang lebih lama dan lebih sedikit nilainya.

Baca juga: Pagi Ini, IHSG Melaju di Zona Hijau

“Perilisan stimulus AS yang cepat dan besar bisa meningkatkan kepercayaan invewstor untuk masuk ke aset berisiko,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bisa bergerak pada kisaran Rp 14.030 per dollar AS hingga Rp 14.150 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X