KILAS

Optimalisasi Pemanfaatan Gas Bumi, PGN Siapkan 7 Program Strategis

Kompas.com - 30/01/2021, 08:35 WIB
Petugas sedang mengawasi jaringan pipa gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN). DOK. Humas PGNPetugas sedang mengawasi jaringan pipa gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

KOMPAS.com – Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) ) berupaya terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi dengan melaksanakan strategis Sapta PGN secara bertahap pada 2020 – 2026.

“Sapta (tujuh) PGN akan dilaksanakan secara bertahap seiring dengan fokus PGN dalam menyelesaikan proyek pipanisasi jangka menengah,” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Adapun tujuh program dalam Sapta PGN yakni sebagai berikut.

Pertama, PGN Sayang Ibu. Program ini merupakan layanan terintegrasi dengan produk PGN sehingga memudahkan masyarakat modern untuk memanfaatkan gas bumi.

Layanan tersebut dapat terwujud melalui pengembangan jaringan gas pelanggan rumah tangga.

Baca juga: Dukung UMKM, PGN Berikan Harga Gas Terjangkau di Dumai

Pada 2021, jaringan gas yang tersedia ditargetkan mencapai 170.000 saluran rumah tangga (SRT) dengan estimasi volume gas sekitar 10.000 billion british thermal unit per day (BBTUD).

Adapun pada 2026 PGN menargetkan 5,1 juta sambungan jarugan gas SRT terpasang.

"PGN akan mengoptimalkan pembangunan jargas mandiri, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2021 dan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU)," kata Rachmat, Rabu (13/1/2021).

Apabila pembangunan bisa optimal, lanjut dia, maka dapat mencapai pengelolaan gas sesuai target proyek strategis nasional (PSN).

“PGN saat ini tengah mempersiapkan program baru di sektor rumah tangga melalui penyediaan gas bumi dengan integrasi teknologi pipa, non pipa, dan teknologi fiber optic pengamanan jaringan gas,” ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X