Mengenal Dogecoin, Aset Kripto ‘yang Harganya Tengah Meroket

Kompas.com - 30/01/2021, 10:16 WIB
Dogecoin Tangkap Layar Dogecoin.comDogecoin

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu ke belakang, aksi pembelian saham secara masif ramai dilakukan oleh investor ritel yang tergabung di dalam komunitas Reddit. Kini, gerakan serupa dilakukan terhadap mata uang kripto atau cryptocurrency, dogecoin.

Setelah berhasil mendongkrak harga saham GameStop, para investor receh itu mulai berbondong-bondong membeli cryptocurrency yang diluncurkan pada 2013 itu.

Tujuannya sederhana, yakni membuat mata uang digital itu menyentuh level 1 dollar AS atau setara Rp 14.000 per keping.

Baca juga: Fenomena Reddit vs Hedge Funds yang Sebabkan Saham GameStop Meroket

Meskipun masih jauh dari target itu, pada sesi perdagangan Jumat (29/1/2021), harga dogecoin telah melejit 800 persen ke level 0,070755 dollar AS atau setara Rp 990,5 dari perdagangan sehari sebelumnya yang berada di kisaran 0,072330 dollar AS per keping.

Nilai kapitalisasi pasar cryptocurrency berlogo anjing jenis Shiba Inu itu pun tumbuh signifikan dalam kurun waktu 24 jam, dari 7,17 miliar dollar AS menjadi 8,2 miliar dollar AS berdasarkan data dari Coinmarket.

Hal itu membuat total nilai kapitalisasi pasar dogecoin meningkat menjadi yang terbesar kesembilan di pasar mata uang kripto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, apa sih dogecoin itu?

Dilansir dari Fortune, Sabtu (30/1/2021), dogecoin merupakan salah satu uang crypto yang berkembang sejak tahun 2013, dan diluncurkan tepat pada Desember tahun itu.

Awalnya, cryptocurrency itu dibuat hanya berdasarkan sebuah lucu-lucuan.

Hal itu terefleksikan dengan nama dan logo dogecoin yang diambil dari meme ‘doge’, yakni sebuah gambar anjing jenis Shiba Inu yang terlihat kebingungan.

Halaman:


Sumber Fortune
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.