Kompas.com - 01/02/2021, 10:11 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat pada Senin (1/2/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.13 WIB rupiah berada pada level Rp 14.028 per dollar AS atau menguat 2 poin (0,02 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.030 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah hari ini terjadi karena sentimen mulai pulihnya indeks saham Asia hari ini. Hal ini mendorong minat investor akan asset berisiko.

Baca juga: Awal Februari, Harga Emas Antam Naik Rp 2.000

“Pagi ini terlihat indeks saham Asia kembali menguat setelah mengalami kejatuhan dalam di pekan lalu. Ini kemungkinan karena awal bulan, para manajer aset mulai kembali mengkoleksi saham-saham. Minat terhadap aset berisiko ini mungkin bisa membantu penguatan nilai tukar emerging market terhadap dollar AS hari ini,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, kenaikan kasus Covid-19 yang sulit dibendung mendorong penguatan rupiah yang cenderung terbatas.

“Kasus Covid-19 yang terus meninggi, terutama di Indonesia, yang dikhawatirkan akan terjadi pembatasan aktivitas ekonomi yang lebih ketat, bisa mendorong pelemahan rupiah,” jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Resmi Beroperasi Hari Ini, Bagaimana Prospek ke Depan?

Sementara itu, ekspektasi para analis menunjukkan kenaikan inflasi di bulan Januari tidak setinggi bulan sebelumnya, yakni sebesar 1,5 persen year on year, dan sebelumnya 1,68 persen YoY. Ekspektasi yang lebih rendah ini kemungkinan karena pemberlakuan aturan PPKM.

“Tapi pasar mungkin sudah mengantisipasi hal ini. Kecuali nilainya jauh lebih rendah dari ekspektasi atau jauh lebih tinggi dari ekspektasi, mungkin tidak berpengaruh ke rupiah. Inflasi yang jauh lebih rendah dari ekspektasi mungkin bisa menekan rupiah karena itu bisa menunjukkan turunnya aktivitas ekonomi Indonesia,” jelas dia.

Hans memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rrp 14.000 per dollar AS sampai dengan Rp 14.100 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.