Bukan Batal, Kunjungan Tim Tesla ke Indonesia Tunggu Larangan WNA ke Indonesia Dicabut

Kompas.com - 01/02/2021, 19:14 WIB
CEO Tesla, Elon Musk. Getty Images via DW IndonesiaCEO Tesla, Elon Musk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengklarifikasi terkait batalnya kedatangan tim Tesla ke Indonesia pada Februari 2021.

Dia menekankan bahwa tim Tesla masih menunggu pencabutan kebijakan dari pemerintah terkait larangan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia.

"Bukan batal, tetapi masih menunggu restriksi pembatasan kunjungan orang asing dicabut," kata Jodi kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Terganjal Kebijakan Larangan WNA ke Indonesia, Tim Tesla Batal ke Indonesia

Diperkirakan pada pekan ini, pihak perwakilan yang diutus CEO SpaceX Elon Musk akan menandatangani surat perjanjian rahasia terkait investasi atau nondisclosure agreement (NDA) dengan pemerintah Indonesia.

Jodi mengatakan, banyak peluang kerja sama yang dipelajari dengan perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat (AS) ini dengan pemerintah Indonesia.

"Semua sedang dipelajari, mulai dari mining hingga lithium battery dan EV. Banyak yang bisa dikerjasamakan lainnya dengan Tesla, a.l. starlink, hyperlink, dan lain-lain," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, CEO SpaceX Elon Musk menanggapi undangan serta perbincangannya dengan Presiden Joko Widodo pada 11 Desember 2020, melalui telepon.

Baca juga: Elon Musk Rilis Rantai Produksi Tesla, Ada 2 BUMN yang Masuk

Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik.

Tak hanya membicarakan seputar prospek mobil listrik, Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai lokasi launching pad Space X. '

Elon Musk berencana mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.