Kompas.com - 02/02/2021, 06:15 WIB
 Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional atau KPI menyatakan, realisasi produksi pengolahan minyak mentah dan intermediate di kilang pada tahun 2020 melampaui target yang telah ditetapkan.

Corporate Secretary KPI Ifki Sukarya mengatakan, produksi pengolahan minyak yang terdiri dari pertalite, pertamax, pertamax turbo, kerosene, avtur, solar dan biosolar, dexlite, pertadex, paraxylene, dan benzene sepanjang tahun lalu mencapai lebih dari 3,87 persen dari target yang dipatok.

Baca juga: Bos BI Optimistis Inflasi Terjaga di Kisaran 2-4 Persen Sepanjang 2021

“(Ini) menunjukan komitmen tinggi PT KPI untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan energi nasional dengan tetap memperhatikan efisiensi serta protokol kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengelolaan kilang,” tutur Ifki dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (2/2/2021).

Selain itu, pada tahun lalu KPI berhasil merealisasikan target penyerapan minyak mentah dan produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina sebanyak 7,34 persen di atas target.

“Sedangkan untuk produk kilang yang dihasilkan untuk dikonsumsi mengalami peningkatan sebesar 11,49 persen,” ujar Ifki.

Menurut Ifki, hasil kinerja itu tereqlisasi dengan adanya efisiensi proses dalam rangka mengurangi pemakaian energi yang diperlukan untuk mengoperasikan kilang yang dinamakan Energy Intensity Index (EII) sebesar 109,56 persen di bawah target maksimal yang diijinkan sebesar 111 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: PLN hingga Pertamina Ramai-ramai Turunkan Pinjaman ke Bank, Totalnya Rp 61,94 Triliun

Aspek keandalan kilang pun tercatat meningkat dari indicator Plant Availability Factor, yang merupakan indicator jaminan ketersediaan hari operasi kilang untuk pencapaian target produksi dari target di 2020 sebesar 99,12 persen meningkat menjadi 99.57 persen.

“Kinerja operasi positif ini merupakan konsolidasi kinerja dari 6 Refinery Unit yang ada di Dumai, Plaju, Balongan, Cilacap Balikpapan, dan Kasim serta 1 Kilang TPPI yang ada di Tuban,” ucap dia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.