Kompas.com - 02/02/2021, 10:25 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini melemah pada Selasa (2/2/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.08 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.033 per dollar AS atau melemah 10 poin (0,07 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.023 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun melemah di pagi hari, rupiah berpeluang menguat pada siang hari terdorong sentimen positif kenaikan indeks saham regional.

Baca juga: IHSG Pagi Melaju di Zona Hijau

“Pagi ini, harga indeks saham regional terlihat menguat, mata uang regional pun terlihat menguat terhadap dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan,sentimen positif juga muncul dari langkah Presiden AS Joe Biden memulai pembahasan stimulus bantuan Covid-19 dengan anggota Senat Partai Republik.

Selain itu, reposisi fund manager untuk kembali masuk ke aset berisiko di awal bulan juga mendorong penguatan aset berisiko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Rupiah bisa terbantu menguat hari ini, namun kenaikan kasus Covid-19 bisa menahan penguatan rupiah,” jelas Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.950 per dollar AS sampai dengan Rp 14.080 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.