Kompas.com - 02/02/2021, 14:16 WIB
Ilustrasi pameran waralaba KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi pameran waralaba

JAKARTA, KOMPAS.com - Melisensikan suatu produk menjadi satu strategi yang penting dilakukan oleh para pelaku bisnis agar bisa meningkatkan penjualannya.

Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) sekaligus Ketua Pengembangan Resto Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Susanty Widjaya mengatakan, dengan melisensikan merek suatu produk bisa menambah citra yang bagus pada pebisnis sehingga para pembeli memiliki ketertarikan untuk membeli produk tersebut.

"Bagi penerima lisensi atau yang disebut dengan licensee, mereka tentunya dapat menggunakan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) baik itu merek pemberi lisensi secara aman dan tentunya legal, sehingga penerima lisensi dapat menjalankan usahanya secara aman dan lancar apalagi jika merek yang digunakan sudah sangat terkenal," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Investasi Reksadana Anda Jeblok? Ini Penyebabnya

Dengan begitu, licensee akan memiliki reputasi yang baik di mata konsumen, sehingga akan mendapatkan banyak keuntungan dalam menjalankan usahanya.

Dia membeberkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis apabila ingin melisensikan suatu merek.

Pertama adalah mendaftarkan merek. Menurut dia, penting sekali untuk mendaftarkan merek tersebut sampai dengan keluarnya sertifikat merek apabila memang yang mau dilisensikan adalah suatu merek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua adalah menentukan usaha yang ingin dilensesnikan. Ketiga adalah menetapkan tujuan dan strategi bisnis di dalam melisensikan usaha atau merek tersebut.

Baca juga: Saham BRIS Sempat Anjlok 6 Persen Pasca-Merger, Ada Apa?

Sementara yang keempat adalah memastikan apakah calon pengusaha tersebut memiliki passion di bidang usaha tersebut atau tidak dan yang kelima adalah memahami persaingan usaha di sekitar dengan usaha yang akan dijalankan.

Tak hanya itu, Susanty juga menyebutkan ada bermacam-macam jenis lisensi yang ada dan sering diupayakan oleh para pebisnis ketika ingin membuka usaha yaitu lisensi hak dari kekayaan intelektual alias HKI, lisensi massal, lisensi merek barang ataupun jasa, lisensi hasil karya seni dan karakter, lisensi bidang pendidikan, dan lisensi bidang teknologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.