Chandra Asri Bangun Panel Surya Berkekuatan 554 MWH di Banten

Kompas.com - 02/02/2021, 15:58 WIB
Ilustrasi panel surya. SHUTTERSTOCK/FOXBATIlustrasi panel surya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk membangun instalasi panel surya atau photovoltaic (PV) kedua di kompleks petrokimia di Cilegon, Banten. Dalam pembangunan ini, Chandra Asri menggandeng Total Solar DG.

Instalasi panel surya pada atap ini akan mengalirkan listrik untuk area gudang Chandra Asri, gedung laboratorium dan stasiun pengisian untuk forklift listrik yang mampu mengurangi emisi karbon dioksida hingga 438 ton.

“Kami berkomitmen untuk terus mengurangi emisi karbon yang dihasilkan di setiap area operasional kami serta meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan,” ujar Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: RI Dapat Hibah Rp 704 Miliar dari Jepang, Dipakai untuk Bangun 6 Sentra Perikanan

Panel tenaga surya ini menghasilkan tambahan daya listrik tenaga surya sebesar 554 megawatt per jam yang setara dengan konsumsi 40 rumah tangga dan mampu mereduksi CO2, jumlah yang sama dengan menanam hampir 7.000 pohon.

Proyek ini menyusul keberhasilan kerja sama instalasi panel surya pertama yang dibangun oleh Total Solar DG pada 2019 dan mampu menghasilkan energi 935 megawatt per jam untuk mengaliri listrik gedung perkantoran Chandra Asri di Cilegon.

“Sebagai salah satu produsen energi surya terkemuka di Asia Tenggara, Total Solar DG dapat membantu memenuhi tujuan kami dalam mengutamakan prinsip keberlanjutan di semua area operasional kami,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kabar Baik, Pemerintah Perpanjang Insentif Pembebasan Pajak Karyawan

Sementara itu, CEO of Total Solar Distributed Generation Southeast Asia Gavin Adda menambahkan, pihaknya memberikan layanan instalasi energi surya untuk memberikan solusi yang memenuhi dua aspek kelestarian lingkungan dan tujuan penghematan biaya.

“Kami berharap dapat mendukung Chandra Asri dalam upayanya untuk mengurangi emisi karbon selama beberapa dekade mendatang,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.