Harga Minyak Dunia Sentuh Level Tertinggi Dalam Setahun Terakhir

Kompas.com - 03/02/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia pada sesi perdagangan Selasa (2/2/2021) ditutup menguat ke level tertinggi sejak 1 tahun terakhir.

Hal tersebut merupakan hasil dari komitmen negara produsen minyak untuk memangkas produksinya.

Dilansir dari CNBC, Rabu (3/2/2021), harga minyak mentah acuan global, Brent, naik 1,22 dollar AS, atau 2,2 persen ke level 57,57 dollar AS per barrel.

Penguatan juga dialami harga minyak mentah acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), yang naik 1,21 dollar AS atau 2,26 persen ke level 55,26 dollar AS per barrel, tertinggi dalam kurun waktu setahun terakhir.

Baca juga: Mulai 5 Februari, GeNose Sudah Bisa Digunakan di 2 Stasiun

Tren penguatan harga minyak mulai terjadi setelah pasar dikagetkan dengan keputusan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama mitra, yang memutuskan untuk menaikkan produksi lebih rendah dibanding prediksi.

Produksi minyak mentah OPEC meningkat dibanding 7 bulan terakhir, namun masih lebih rendah dibanding proyeksi pasar.

Selain itu, rencana Arab Saudi untuk memangkas produksi sebesar 1 juta barrel per hari secara sukarela yang akan mulai diterapkan Februari ini juga mendongkrak harga minyak mentah.

Sentimen positif juga muncul setelah Kongres AS siap untuk menyetujui paket stimulus, yang diyakini akan mampu meningkatkan permintaan minyak mentah maupun hasil olahannya.

Baca juga: Ini Dua Konglomerat "Juragan Minyak" Terkaya dari Indonesia

“AS mendapatkan paket stimulus ekonomi yang orang pikir tidak akan pernah terealisasi,” ujar Direktur Energi Mizuho, Bob Yawger.

Musim dingin yang tengah menerjang AS mampu meningkatkan permintaan minyak pemanas, sehingga mengkerek harga komoditas itu ke level tertinggi dalam kurun waktu 8 bulan terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.