Target Investasi 2021 Jadi Rp 900 Triliun, Luhut: Saya Kira Tidak Terlalu Sulit

Kompas.com - 03/02/2021, 17:52 WIB
Menko bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyapa serta memberikan pembekalan kepada para atlet atletik di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (29/1/2021). Dokumentasi Facebook Resmi Luhut Binsar PandjaitanMenko bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyapa serta memberikan pembekalan kepada para atlet atletik di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (29/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis target investasi yang dinaikkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Rp 900 triliun bakal tercapai pada tahun ini.

"Jadi, kalau Anda tanya 2021, apakah ini nanti bisa (capai target investasi) Rp 900 triliun, kita kan sekarang ini sudah Rp 826,3 triliun. Jadi, saya kira tidak hal terlalu sulit untuk menambah Rp 70 triliun. Saya pikir ini angka sangat realistis untuk dicapai," kata Luhut dalam tayangan virtual, Rabu (3/2/2021).

Ini dibuktikan adanya sederet penandatanganan kerja sama investasi.

Baca juga: Luhut: 70 Juta Penduduk RI Divaksin Sebelum Pertengahan Tahun

Luhut menyebutkan, perusahaan steel asal China Tsingshan dan China’s Contemporary Amperex Technology (CATL) dengan Freeport akan menandatangani kerja sama.

Adanya kesepakatan tersebut, Luhut memastikan untuk tiga tahun kedepan nilai investasi bisa mencapai hingga 30 miliar dollar AS.

"Bisa itu sangat bisa (tercapai target investasi yang dinaikkan Jokowi). Kemudian, CATL sudah signing 10 miliar dollar AS, dan juga nanti Wayo,Tsingshan dengan Freeport akan sign 2,8 miliar dollar AS untuk smelter," ujar Luhut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menargetkan investasi yang masuk ke Indonesia di 2021 ini sebesar Rp 900 triliun.

Adapun realisasi investasi di sepanjang 2020 sebesar Rp 826,3 triliun atau naik 10,1 persen dari target yang dicanangkan sebesar Rp 817,2 triliun.

Baca juga: Luhut Sebut 22 Persen Penduduk RI Tidak Percaya Adanya Covid-19

Dari total realisasi investasi itu, 50,1 persen dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau sebesar Rp 413,5 triliun.

Perolehan tersebut lebih besar 7 persen atau Rp 386,5 triliun jika dibandingkan tahun 2019.

Adapun realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) sepanjang 2020 sebesar Rp 412,8 triliun atau sebesar 49,9 persen dari total realisasi investasi keseluruhan.

Angka tersebut turun 2,4 persen atau 423,1 triliun di tahun 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.