Kompas.com - 04/02/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi Kemiskinan KOMPAS/AGUS SUSANTOIlustrasi Kemiskinan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bappenas memperkirakan, pandemi virus corona (Covid-19) yang masih berlanjut menyebabkan 4 juta jiwa akan masuk kembali ke jurang kemiskinan.

Perwakilan dari Bappenas Dinar Kharisma mengatakan, kondisi akan bertambah parah jika program perlindungan sosial yang telah terintegrasi dan tersusun dengan baik ditiadakan.

"Akibat pandemi Covid-19, kami memproyeksikan 4 juta orang akan jatuh kembali ke dalam kemiskinan. Kalau misalnya perlindungan sosial yang baik ini absen atau tidak ada," katanya dalam webinar virtual CSIS Indonesia, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Pembebasan Pajak Penghasilan Karyawan Diperpanjang, Ini Cara Mendapatkannya

Selain itu, kata dia, adanya bencana alam juga menambah angka kemiskinan baru. Apalagi penanganan bencana membutuhkan dana yang cukup besar.

"Tetapi, bencana-bencana alam lainnya juga masih banyak. Yang cukup besar dampaknya dan kemungkinan juga menurunkan tingkat kesejahteraan dari penduduk. Terutama bagi penduduk yang dari awal sudah masuk kelompok peta. Dan ini recovery-nya cukup besar dan juga cukup cost," ujarnya.

Pemberitaan sebelumnya, Staf Ahli Menteri Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Kementerian Sosial Adhy Karyono mengakui bahwa pihaknya kerap hadapi kendala terkait ketidakakuratan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kemensos Akui Data Bansos Tak Akurat karena Bertambahnya Warga Miskin Baru

Apalagi terjadi bencana, menimbulkan warga miskin baru. Bahkan dia mengungkapkan bahwa orang miskin baru itu angkanya sangat luar biasa.

Kendala berikut, karena data tidak terkoreksi dengan baik di daerah maka terjadi inklusi dan enklusi eror. Selain itu, mengenai Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga masih terus dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.