Anak Usaha Pertamina Akan Melantai di Bursa pada Semester II 2021

Kompas.com - 04/02/2021, 18:35 WIB
Direktur Umum (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (DOK. Pertamina) Direktur Umum (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero) dikabarkan akan melantai di bursa saham dalam waktu dekat.

Rencana tersebut merupakan salah satu bentuk aksi korporasi yang akan dilakukan perseroan pada tahun ini.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) anak usaha merupakan salah satu langkah korporasi yang akan dilakukan untuk mendongkrak kinerja bisnis perseroan.

Baca juga: Ini Peran Pertamina Bangun Pabrik Baterai Listrik Berkapasitas 140 GW

Meskipun belum mendetail kapan IPO akan dilakukan, tetapi rencananya aksi korporasi ini akan dilaksanakan antara kuartal III atau kuartal IV tahun ini.

"Di triwulan ketiga atau triwulan empat, kita akan melakukan IPO di salah satu unit bisnis kita, dan tentunya ini bisa meningkatkan transparansi dan profesionalitas unit-unit Pertamina ke depan," tutur Nicke dalam Energy Corner CNBC Indonesia, Kamis (4/2/2021).

Nicke menyebutkan, selain melakukan IPO perseroan juga akan melakukan sejumlah aksi korporasi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perseroan fokus konsolidasi dan kerja sama anak usaha di sektor hulu untuk meningkatkan kemampuan produksi nasional, sehingga mampu menciptakan kemandirian energi.

"Kita akan membuka partnership dengan berbagai global player dan menggunakan teknologi-teknologi dari migas nasional dengan berbagai global player," kata Nicke.

Baca juga: Permintaan BBM Diprediksi Terus Menurun, Ini Upaya Pertamina agar Tetap Eksis

Dilansir dari Kontan, Price WaterhouseCoopers (PWC), Konsultan Management dan Hukum dalam proses restrukturisasi holding dan subholding Pertamina mengungkapkan ada tiga sampai lima anak usaha Pertamina yang berpotensi masuk dalam rencana IPO.

Partner PwC Consulting Lenita Tobing menjelaskan, selain aspek internal, dalam proses IPO maka juga harus turut mempertimbangkan aspek pasar.

Namun, dari kajian yang ada saat ini, maka ada sekitar tiga hingga lima anak usaha Pertamina yang dinilai bisa masuk dalam rencana IPO.

"Masih kajian belum bisa pastikan mana yang duluan, dalam roadmap ada tiga sampai lima perusahaan yang dalam dua tahun ke depan bisa IPO," ungkap Lenita, Oktober silam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.