Kompas.com - 04/02/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi Bukalapak. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiIlustrasi Bukalapak.

JAKARTA, KOMPAS.com - VP Marketplace Strategy & Merchant Policy Bukalapak Baskara Aditama mengatakan, pihaknya memiliki berbagai kebijakan yang ketat bagi para pelapak "nakal" yang melakukan kecurangan.

Kecurangan yang dia maksud adalah menjual barang yang terlarang dan yang melanggar Undang-undang Dasar (UUD) serta Peraturan dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

"Ini perlu diperhatikan. Pelapak yang menjual barang yang terlarang, yang melanggar Undang-undang Dasar (UUD) serta Peraturan dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI) akan diblokir bahkan bila perlu akan sampai ke jalur hukum," ujar Baskara dalam Ngobrol Virtual Bukalapak, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Bukalapak Catatkan Pertumbuhan Penjualan Sebesar 17 Persen per Bulan Sepanjang 2020

Selain itu, lanjut Baskara, para pelapak yang melakukan transaksi fiktif dan yang menggunakan nama merek secara sembarangan hingga berkali-kali, juga akan menerima konsekuensi yang sama.

Oleh sebab itu, Bukalapak terus menghimbau seluruh pelapak untuk tetap mengedepankan kaidah perusahaan dalam melakukan berbagai transaksi.

"Ini demi kebaikan bersama, termasuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya sudah ada beberapa pelapak yang pernah ditindaklanjuti oleh Bukalapak lantaran menjual produk alat kesehatan dengan harga tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.