Bangun Perkotaan di Indonesia, Perumnas Gandeng Perusahaan Jepang

Kompas.com - 04/02/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi kota pusat bisnis ShutterstockIlustrasi kota pusat bisnis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perumnas bekerja sama dengan Urban Renaissance Agency (UR) asal Jepang dalam pembangunan perkotaan di Indonesia.

UR sendiri merupakan Badan Administratif Independen Jepang yang berupaya untuk membangun kembali kota-kota dengan memanfaatkan teknologi.

“Tidak hanya terbatas pada BUMN, institusi pemerintah dan sektor swasta di Indonesia, kami juga menjangkau kerja sama dengan institusi di luar Indonesia,” ujar Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Penerimaan Cukai HPTL Melonjak, Didominasi dari Liquid Vape

Budi menilai Perumnas dan UR mempunyai kesamaan dalam pelaksanaan misi penyediaan rumah, baik itu pada pembangunan hunian baru maupun revitalisasi hunian lama.

“Perumnas bersama dengan perusahaan dari Jepang (UR) akan bekerja sama di bidang pengembangan berorientasi transit, pembaruan perkotaan, perumahan yang terjangkau dan pembangunan kota baru,” kata dia.

"Keempat bidang tersebut sebenarnya memang sedang kami garap pada beberapa proyek Perumnas. Namun, dengan adanya kerja sama ini tentu akan memperkuat pelaksanaan pembangunan perkotaan secara lebih massif,” sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bidang pengembangan berorientasi transit misalnya, kata Budi, saat ini Perumnas tengah menggarap proyek hunian transit oriented di 3 lokasi, Samesta Mahata Tanjung Barat di Stasiun Tanjung Barat, Samesta Mahata margonda di Stasiun Pondok Cina Depok dan Samesta Mahata Serpong di Stasiun Rawabuntu Tangerang Selatan. Ketiga proyek tersebut merupakan hasil kerja sama dengan PT KAI sebelumnya.

Baca juga: Tesla Kirim Proposal ke RI, Pemerintah Siap Negosiasi Pekan Depan

Perumnas juga sudah merevitalisasi proyek lama di Sukaramai Medan dengan meremajakan rusun menjadi hunian vertikal yang lebih berkualitas dan dapat menampung kapasitas hunian yang lebih banyak.

“Ini juga menjadi suatu pencapaian kami, karena Perumnas menjadi pelopor pengembang pertama yang berhasil merevitalisasi hunian lama,” ucap dia.

Perumnas, kata Budi, berkomitmen untuk dapat menyediakan hunian terjangkau serta pembangunan kota baru. Lebih dari 46 tahun, Perumnas terus berkiprah turut berkontribusi mendukung pemerintah membangun rumah di banyak kota, khususnya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Oleh karena itu, kerja sama ini akan menjadi peluang besar bagi Perumnas dalam penyediaan perumahan terjangkau bagi masyarakat luas,” tutup Budi.

Baca juga: Tesla Kirim Proposal ke RI, Pemerintah Siap Negosiasi Pekan Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.