Di Tengah Pandemi Covid-19, Bagaimana Kinerja Perekonomian Sepanjang 2020?

Kompas.com - 05/02/2021, 07:27 WIB
Ilustrasi ekonomi digital SHUTTERSTOCKIlustrasi ekonomi digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik bakal mengumumkan realisasi pertumbuhan ekonomi (PE) sepanjang tahun 2020 hari ini, Jumat (5/2/2021).

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah menekan kondisi perekonomian di banyak negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Pemerintah memperkirakan, pada kuartal IV-2020 pertumbuhan ekonomi masih akan minus di kisaran 2,9 persen hingga 0,9 persen.

Baca juga: Ada Sentimen Data Ekonomi AS, Bagaimana Nasib Rupiah Hari Ini?

Perkiraan tersebut lebih rendah bila dibandingkan dengan proyeksi-proyeksi yang sebelumnya diberikan, yakni kinerja perekonomian akan kian mendekati 0 persen dan ke arah positif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, masih dalamnya batas bawah proyeksi tersebut terjadi lantaran konsumsi masyarakat atau konsumsi rumah tangga yang masih akan tertekan di akhir tahun.

Ia memperkirakan konsumsi rumah tangga pada kuartal IV di proyeksi masih tertekan di kisaran minus 3,6 persen hingga minus 2,6 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena Covid-19 meningkat pesat di bulan Desember ini dan langkah-langkah untuk melakukan pembatasan sosial mulai diketatkan, sehingga konsumsi tidak bisa terjadi normalisasi lebih cepat dari seperti yang diprediksi semula," jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa secara virtual, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Soal Aturan Pajak Pulsa dkk, Stafsus Sri Mulyani: Ketentuan Ini Tak Berpengaruh terhadap Harga

Dengan demikian, dalam tiga kuartal di tahun 2020, kinerja perekonomian akan mengalami minus secara berturut-turut.

Sebab, pada kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi tercatat minus 5,32 persen, serta di kuartal III, pertumbuhan ekonomi tercatat mengalami kontraksi -3,49 persen.

Sri Mulyani pun memperkirakan, untuk keseluruhan tahun 2020, pertumbuhan ekonomi bakal mengalami minus 2,2 persen hingga 1,7 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.