Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

27 Perusahaan Bakal Melantai di BEI

Kompas.com - 05/02/2021, 14:22 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut ada setidaknya 27 perusahaan yang bakal melantai di BEI. Berdasarkan catatan BEI, per 4 Februari 2020, 27 perusahaan tersebut sedang dalam proses evaluasi.

“Sampai dengan tanggal 4 Februari 2021, terdapat 27 perusahaan dalam proses evaluasi pencatatan saham BEI. Bursa menyambut baik apabila terdapat filling dari perusahaan BUMN (anak usaha/cucu) masuk ke pipeline,” kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna kepada Wartawan, Kamis (4/2/2021).

Adapun rincian dari 27 perusahaan yang sedang dalam evaluasi untuk listing di BEI yakni perusahaan dari sektor consumer cyclicals dengan jumlah tertinggi, yakni 6 perusahaan. Dilanjutkan oleh perusahaan dari sektor basic materials sebanyak 4 perusahaan.

Baca juga: Dihukum Bayar Rp 3,06 Triliun dalam Sengketa Pajak, PGN Minta Dicicil

Kemudian, masing-masing 3 perusahaan dari sektor teknologi, consumer non-cyclicals, properties & real estate, serta properties & real estate. Selanjutnya masing-masing 2 perusahaan dari sektor sektor Industrials, dan Infrastructures.

Terakhir 1 perusahaan dari sektor transportation-logistics dan sektor energi. Sementara 2 perusahaan lagi, masih dalam proses klasifikasi dan evaluasi.

Sebelumnya dikabarkan beberapa perusahaan BUMN melalui anak usahanya akan masuk ke pasar modal. Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut di tahun 8 sampai dengan 12 perusahaan pelat merah akan listing di BEI.

Beberapa perusahaan juga tengah bersiap untuk IPO, antara lain anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, yakni PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Kemudian, anak usaha PT Pertamina (Persero), dan selanjutnya anak usaha PT Adhi Karya (Persero), PT Adhi Commuter Properti (ACP) dan PT Adhi Persada Gedung (AGP).

Baca juga: Ekonomi RI Minus 2,07 Persen, Pemerintah Dinilai Gagal Kendalikan Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com