Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Asuransi Properti dan Kendaraan

Kompas.com - 05/02/2021, 14:30 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi properti mungkin tak sepopuler seperti asuransi jiwa maupun kesehatan. Padahal asuransi ini berfungsi untuk memberi perlindungan pada properti Anda.

Apalagi ketika terjadinya bencana alam, asuransi properti sangatlah dibutuhkan. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) juga pernah memperkirakan nilai kerugian klaim musibah banjir pada properti dan kendaraan bisa mencapai Rp 1,15 triliun.

Head of Partnership Affinity, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia Mariani Solihah membeberkan tips memilih asuransi properti dan kendaraan yang aman.

Baca juga: Angka Backlog Rumah Berpotensi Turun Jadi 4,5 Juta di Akhir 2030

"Tips pertama adalah pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai pemilik properti atau kendaraan, kita harus mengetahui terlebih dahulu aspek apa saja yang perlu kita lindungi. Selain itu, kita juga harus menetapkan anggaran yang dimiliki sesuai dengan kemampuan," ujarnya mengutip siaran persnya, Jumat (5/2/2021).

Menurut dia, apabila pengguna sudah mengetahui apa saja yang ingin dilindungi dan berapa biaya yang sanggup dibayarkan, pelanggan dianjurkan untuk mencari informasi asuransi sebanyak-banyaknya dan memilih yang paling mendekati kebutuhan.

Tips yang kedua adalah memilih perusahaan terpercaya. Dia bilang, saat ini jumlah perusahaan asuransi semakin banyak. Oleh sebab itu perlu dipastikan untuk memilih asuransi yang sudah diakui lembaga resmi dalam mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Ingat, Sertifikat Tanah Lama Tidak Ditarik Meski Diganti Elektronik

Lalu tips yang ketiga adalah mengetahui kejelasan polis dengan baik. Menurut dia, pengguna asuransi cenderung tidak membaca polis dengan benar.

Padahal, dalam polis terdapat penjelasan terperinci mengenai apa saja yang dapat diklaim atau tidak. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya apabila ada sesuatu yang kurang jelas sehingga tidak mengalami penolakan pada saat pengajuan klaim.

Sementara untuk asuransi kendaraan, Mariani menyarankan lebih baik lagi jika memilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel bersertifikat yang luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com