Prediksi Anak Usaha Pertamina yang Bakal Melantai di Bursa Saham pada Semester II-2021

Kompas.com - 05/02/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi logo Pertamina (Dok. Shutterstock) Ilustrasi logo Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan berbagai rencana aksi korporasi yang akan dilakukan pada tahun ini, guna mendongkrak kinerja bisnis perseroan.

Salah satu langkah yang akan diambil yaitu penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) anak perusahaan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebutkan, rencananya IPO akan dilakukan pada kuartal III atau kuartal IV tahun ini. Namun, Ia belum mendetail anak usaha mana yang akan dicatatkan di bursa saham.

Baca juga: Dihukum Bayar Rp 3,06 Triliun dalam Sengketa Pajak, PGN Minta Dicicil

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan memprediksikan, Pertamina akan melakukan IPO terhadap subholding yang tidak akan menimbulkan kontra di masyarakat. Menurutnya, sektor hulu atau upstream belum akan dicatatkan di bursa efek dalam waktu dekat.

Pasalnya, sektor hulu dinilai sangat sensitif bagi masyarakat. Sehingga, Pertamina diyakini akan menghindari langkah yang kontroversial.

"Untuk upstream terlalu beresiko jika harus melantai saat ini, mengingat sekarang semua kegiatan hulu ada di upstream. Sedangkan isu nasionalisme masih cukup kencang," tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

"Apalagi sektor hulu merupakan sektor yang strategis sama seperti kilang," tambahnya.

Baca juga: Pagebluk Corona Sebabkan Konsumsi Rumah Tangga Loyo

Mamit justru memproyeksikan, IPO akan dilakukan terhadap Subholding Shipping Pertamina atau PT Pertamina International Shipping. Menurutnya, langkah serupa juga pernah dilakukan oleh perusahaan minyak dan gas raksasa asal Malaysia, Petronas.

"80 Persen, Pertamina International Shipping yang akan IPO," ucapnya.

Melalui langkah IPO tersebut, subholding akan mendapatkan pendanaan segar yang dapat membantu kemampuan perusahaan melakukan ekspansi bisnis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.