Kompas.com - 05/02/2021, 16:41 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup melemah di pasar spot pada Jumat (5/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah melemah 15 poin (0,11 persen) pada level Rp 14.030 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.015 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah terdorong oleh sentimen negatif rilis data Badan Pusat Statistik terkait dengan PDB RI pada kuartal IV tahun 2020 minus 2,19 persen secara tahunan.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020 minus 2,07 persen, atau selama tiga kuartal berturut-turut di tahun 2020, Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan ekonomi minus.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik? Tunggu Saja sampai Akhir Tahun, Ini Sebabnya

“Jeleknya data internal membuat mata uang rupiah melemah tipis, dan ini bisa terlihat dari keluarnya arus modal asing daro pasar finansial dalam negeri,” ujar dia.

Di sisi lain, kenaikan kasus Covid-19 di DKI Jakarta yang berpeluang mendorong pemerintah daerah menerapkan kembali PSBB Ketat, turut menjadi sentimen negatif untuk pergerakan rupiah hari ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PSBB Ketat di terapkan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang terus meningkat dan bahkan sudah bermutasi. Secara bersamaan Pemerintah terus melakukan vaksinasi, agar masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19.

Menurut Ibrahim ada 3 strategi utama pemerintah mendorong pemulihan ekonomi, yaitu mempertahankan daya beli masyarakat menengah ke bawah, percepatan vaksinasi untuk mendorong kepercayaan masyarakat dan pembatasan kegiatan skala mikro untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Kapan Ekonomi Indonesia Kembali Positif? Ini Proyeksi Pemerintah



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.