Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Resiliensi Bisnis: Pemikiran Desain Menuju Berkelanjutan

Kompas.com - 05/02/2021, 17:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Wilson Kosasih

WABAH Covid-19 mengacaukan ritme bisnis, industri dan ekonomi global. Banyak negara tengah menutup akses masuk ke wilayah mereka dan membatasi kegiatan manufaktur skala besar.

Produksi berhenti dan konsumsi masyarakat pun mengalami perubahan mengakibatkan kacaunya rantai pasok global. Dampaknya, banyak pelaku usaha yang tidak dapat beradaptasi, bahkan tidak mampu bertahan diterjang badai pandemi ini.

Dalam berbagai forum diskusi, diutarakan bahwa konsep globalisasi akan dikaji ulang dan negara akan berfokus memperluas produksi dalam negeri dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap pemasok negara lain sehingga gangguan rantai pasokan pada negara tersebut dapat cepat diselesaikan.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik? Tunggu Saja sampai Akhir Tahun, Ini Sebabnya

Di satu sisi, krisis global ini menyadarkan kita semua akan pentingnya kekuatan ekonomi dan kemandirian dalam negeri sendiri dalam upaya meningkatkan ketahanan suatu negara.

Di sisi lain, pandemi ini juga mendorong kita semua melakukan refleksi diri tentang perlu adanya "pemikiran desain" yang berorientasi inovasi berkelanjutan untuk menjaga keseimbangan antara aspek ekonomi, lingkungan dan sosial, yang dikenal luas dengan sebutan triple bottom line, demi meningkatkan daya saing bangsa dan keberlangsungan planet ini.

Pemikiran desain (design thinking) merupakan suatu proses terstruktur dan berulang-ulang untuk memanfaatkan kreativitas serta melibatkan pemangku kepentingan dari latar belakang yang berbeda.

Tentu berbeda antara "pemikiran desainer" dan "pemikiran desain". Liedtka (2015) mengatakan bahwa pemikiran desain berbeda dengan pendekatan inovasi biasa, karena bukanlah proses yang kaku melainkan terintegrasi dengan cara berpikir kreatif dan analitik beserta berbagai alat dan teknik langsung.

Istilah pemikiran desain pertama kali diperkenalkan oleh John E Arnold dalam bukunya "Creative Engineering" tahun 1959, dan L Bruce Archer dalam bukunya "Systematic Method for Designers" tahun 1965.

Menurut Arnold, pemikiran desain adalah pemecahan masalah yang berfokus pada manusia (human-centered design) yang dapat menghasilkan fungsionalitas baru, tingkat kinerja yang lebih tinggi, menurunkan biaya produksi, dan meningkatkan nilai jual.

Pada konsep awal, pemikiran desain mencakup semua inovasi produk namun sekarang ini aplikasinya pun semakin luas dalam berbagai lingkup desain, manajemen, rekayasa, bisnis, kemanusiaan dan bidang lainnya.

Baca juga: Kapan Ekonomi Indonesia Kembali Positif? Ini Proyeksi Pemerintah

Beberapa peneliti mendemonstrasikan bahwa pemikiran desain menggunakan pendekatan yang berbeda, yakni penalaran abduktif dalam menciptakan nilai dengan bertanya "bagaimana jika", dibandingkan teknik pengambilan keputusan umum yang mengedepankan pemikiran analitis (yaitu deduktif dan induktif) yang menghasilkan sesuatu yang dapat diprediksi (Martin, 2009; Fischer, 2015).

Model pemikiran desain menggabungkan ketiga unsur, yaitu Human-Business-Technology (HBT) di mana kelayakan bisnis, kelayakan teknis, dan kebutuhan manusia, menjadi satu kesatuan yang utuh dan harmonis.

Banyak peneliti mengemukakan bahwa proyek atau inovasi berbasis "pemikiran desain" biasanya dimulai dengan fase eksplorasi pada situasi kehidupan nyata yang berfungsi untuk memahami masalah dan konteks yang diberikan, untuk mengamati pengguna dan menentukan kerangka masalah yang memadai.

Selama fase ideation, partisipan menstimuli dan menghasilkan berbagai ide yang dapat memecahkan masalah pengguna. Kemudian pada fase eksperimen, ide yang paling menjanjikan dipilih, dibuat prototipe, dan diuji calon pengguna sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com