Pertamina Targetkan Laba Bersih Rp 28 Triliun Tahun Ini

Kompas.com - 06/02/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi logo Pertamina (Dok. Shutterstock) Ilustrasi logo Pertamina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menargetkan pertumbuhan laba bersih pada tahun 2021, meski sampai saat ini sektor minyak dan gas masih dibayang-bayangi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan dapat mencetak laba bersih sebesar 2 miliar dollar AS atau setara Rp 28 triliun (asumsi kurs Rp 14.000 per dollar AS).

Target tersebut meningkat dua kali lipat, dibanding realisasi laba bersih tahun 2020, yakni sebesar 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14 triliun.

“Laba bersih (tahun 2021) ditargetkan 2 miliar dollar AS,” kata Nicke, dikutip Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: CEO Eiger Minta Maaf dan Mengaku Sempat Diingatkan Tim Internal

Lebih lanjut Nicke menjelaskan, target tersebut dipatok perseroan dengan melihat adanya potensi peningkatan penjualan produk.

“Penjualan produk ditargetkan naik 12 persen dari tahun 2020,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, harga minyak pun sudah mulai menunjukan tren pemulihan dari tahun lalu.

Untuk mengejar target keuangan, Pertamina juga telah menyiapkan anggaran investasi sebesar 10,7 miliar dollar AS, meningkat 100 persen dibanding 2020.

Nicke menjabarkan, sebagian besar anggaran akan digunakan untuk peningkatan produksi dan cadangan minyak dan gas, pembangunan pabrik petrokimia, serta pembangunan infrastruktur midstream dan downstream.

“Selain itu juga ada investasi untuk pengembangan EV battery dan pengembangan Green Hydrogen dari wilayah kerja panas bumi yang dimiliki Pertamina,” ucapnya.

Baca juga: Awas, Ini Akibatnya kalau Anda Kerja Keras bagai Kuda



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X