Runway Tergenang Air, Bandara Ahmad Yani Ditutup hingga Minggu Pagi

Kompas.com - 06/02/2021, 16:29 WIB
Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang KOMPAS.com/RISKA FARASONALIABandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menutup sementara Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, akibat genangan yang tak kunjung surut pada landasan pacu atau runway, imbas hujan sejak Jumat (5/2/2021) malam.

Vice President Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan, bukan hanya runway, tetapi banjir juga terjadi di akses jalan menuju bandara.

Oleh karenanya, AP I memutuskan untuk memperpanjang penutupan Bandara Ahmad Yani hingga Minggu 7 Februari 2021 pukul 06.00 WIB, dari sebelumnya hingga pukul 14.00 WIB hari ini, Sabtu (6/2/2021).

"Saat ini tim di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang tengah berupaya untuk mengeringkan runway dengan menggunakan 54 pompa di 5 pump house seiring dengan melakukan monitoring ketinggian air,” tutur Handy dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Minus, Sektor Apa yang Jatuh Paling Dalam?

“Selain itu, kami juga terus berkoordinasi dengan operator penerbangan terkait penanganan calon penumpang yang terdampak sehingga penanganan tetap memperhatikan protokol kesehatan," tambahnya.

Handy menyebutkan, kondisi di area terminal saat ini cukup kondusif dan tidak terjadi penumpukan.

Kepada para calon penumpang terdampak, lanjut Handy, diimbau agar dapat menghubungi pihak maskapai terkait kepentingan refund dan reschedule penerbangan.

Melihat akses jalan menuju bandara yang masih terendam banjir, Tim petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga berupaya mengakomodir calon penumpang yang telah berada di bandara untuk dapat keluar bandara dengan mengantar ke depan Museum Ronggowarsito menggunakan truk Lanumad.

"Kami berharap kondisi cuaca lekas membaik sehingga pengeringan dan pembersihan runway dapat berjalan optimal hingga bandara dapat kembali beroperasional besok," ucapnya.

Baca juga: Banjir di Semarang Genangi Rel, Jadwal Kereta Api Terganggu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.