Kompas.com - 08/02/2021, 06:49 WIB
Banjir Semarang di arah stasiun tawang kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (6/2/2021) KOMPAS.com/RISKA FARASONALIABanjir Semarang di arah stasiun tawang kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (6/2/2021)

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan, layanan dan fasilitas operasional dalam pendistribusian bahan bakar minyak (BBM), elpiji, hingga Avtur untuk masyarakat di wilayah Semarang, Jawa Tengah, yang terdampak bannir tetap aman.

Pjs Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Marthia Mulia Asri mengatakan, dari total 103 SPBU di Semarang, hanya 1 yang tidak beroperasi akibat banjir.

“Yaitu SPBU 4450107 Puri Anjasmoro,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (8/2/2021).

Baca juga: Pahala Mansury Diangkat Jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina

Ia menambahkan, masyarakat dapat beralih sementara ke SPBU lainnya yang berada di sekitar, yaitu SPBU 4450109 Kalibanteng, SPBU 4450140 Sudirman, dan SPBU 4450119 Pamularsih.

“Kami akan terus memantau kondisi banjir terkini untuk melakukan mitigasi operasi di lokasi lainnya, maupun kembali mengoperasikan SPBU tersebut setelah kami pastikan kondisi peralatan dan aspek keselamatan SPBU pasca banjir kemarin,” tuturnya.

Terkait proses pengantaran BBM, Marthia menjelaskan mobil tangki Pertamina akan tetap beroperasi meskipun terkendala di sejumlah ruas jalan yang tergenang banjir.

Marthia menjabarkan, saat ini rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline (produk Pertamax, Pertalite, dan sebagainya) berada di angka 1.220 kiloliter per hari, sementara BBM jenis gasoil (produk Pertamina Dex, Dexlite, dan sebagainya) berada di angka 706 kiloliter per hari.

“Untuk rata-rata konsumsi harian elpiji berada di angka 674 Metric Ton per hari,” katanya.

Pertamina dipastikan akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen dan pelanggan yang terdampak banjir.

“Jika terdapat kendala dan kebutuhan informasi seputar layanan dan produk dari Pertamina, konsumen dapat memanfaatkan Pertamina Call Center di nomor 135 dan aplikasi MyPertamina,” ucapnya.

Baca juga: Imbas Banjir, Sejumlah Gardu Distribusi Listrik di Semarang Masih Padam



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X