Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Donor Plasma Konvalesen di BUMN Diluncurkan

Kompas.com - 08/02/2021, 10:53 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan program Plasma BUMN untuk Indonesia. Program ini merupakan wujud dukungan Kementerian BUMN untuk program Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicetuskan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Dalam program ini, Kementerian BUMN menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan akan diselenggarakan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

“Sebagai laporan kepada Bapak Jusuf Kalla, bahwa hari ini jumlah pendaftar untuk donor plasma ada 1.048. Terdiri dari 66 BUMN di 33 provinsi,” ujar Erick dalam sambutannya, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Ada Kuota 57 Juta Orang, Ini Cara Dapat Pinjaman Tanpa Agunan di BRI

Erick menambahkan, donor plasma kovalesen sangat dibutuhkan oleh orang yang terinfeksi Covid-19. Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian.

Insyaallah kerja sama yang dilakukan BUMN dengan PMI ini bisa terus bergulir, seperti yang tadi disampaikan Pak Jusuf Kalla bahwa 400 cc (plasma kovalesen) itu bisa menyelamatkan dua nyawa manusia. Ini sangat penting, bagaimana kita harus terus menekan jumlah kematian yang ada di Indonesia. Kalau kita lihat sendiri angkat kematian masih tinggi,” kata dia.

Selain itu, lanjut mantan bos Inter Milan ini, pemerintah juga terus menggalakan program vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kematian akibat virus tersebut.

“Laporan dari lapangan ketika kami rapat komite yang dipimpin oleh Pak Menko, bahwa setelah nakes itu disuntik, yang tadinya penularan itu rata-rata bisa 200 di sebuah provinsi atau tempat, itu setelah minggu ketiga turun menjadi 24 saja. Jadi penurunannya sangat drastis, dari yang 200 menjadi hanya 15 persen,” ungkapnya.

Diketahui, pemerintah memperbaharui informasi perkembangan kasus harian Covid-19 di Tanah Air pada Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Rumah Mewah di Jakarta Ini Dilelang Online, Harga Mulai Rp 51,7 Miliar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com