Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Prediksi Kasus Covid-19 di RI Capai 2 Juta pada April 2021

Kompas.com - 08/02/2021, 12:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memprediksi angka penularan Covid-19 di Tanah Air pada April 2021 bisa tembus di angka 2 juta kasus.

Sebab, kata mantan Wakil Presiden RI itu, hingga saat ini saja jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah tembus di angka 1,2 juta. Maka, bila tiap harinya kasus penularan virus ini bertambah 12.000, maka di akhir April akan menyentuh angka 2 juta kasus.

“Kalau ini berjalan terus tanpa upaya keras, termasuk vaksinasi yang sangat penting, maka pada akhir April akan positif jadi 2 juta. Sepuluh bulan pertama 1 juta, tapi cukup 3 bulan 1 juta berikutnya,” ujar Kalla dalam acara peluncuran program Plasma BUMN untuk Indonesia, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Jalur ke Bandara Kertajati Banjir, Gerbang Tol Ditutup Sementara

Untuk menekan angka penularan itu, Kalla menyarankan kepada pemerintah untuk segera melakukan vaksinasi secara masif. Selain itu, masyarakat juga harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau sudah tercapai 2 juta, maka masalahnya ada kesulitan rumah sakit. Rumah sakit akan sangat kelebihan pasien,” kata dia.

Sebelumnya pemerintah memperbaharui informasi perkembangan kasus harian Covid-19 di Tanah Air pada Minggu (7/2/2021).

Berdasarkan data yang dibagikan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Minggu sore, tercatat ada 10.827 kasus baru pasien Covid-19. Data tersebut terhitung sejak pukul 12.00 WIB Sabtu hingga pukul 12.00 WIB pada Minggu.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Kabar Baik soal Vaksin Merah Putih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com