Kompas.com - 08/02/2021, 20:00 WIB
Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja memberikan keterangan pers kepada awak media, di Menara BCA, Jakarta, Selasa (3/12/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIDirektur Utama BCA Jahja Setiaatmadja memberikan keterangan pers kepada awak media, di Menara BCA, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk tidak mengubah rencana awal peluncuran bank digital. Bank swasta terbesar itu tetap akan meluncurkan bank digital pada semester I 2021.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, bank digital yang diluncurkan bakal menjadi neo-bank. Sebab, bank tersebut tidak akan memiliki cabang (branchless) dan tidak ada transaksi secara tunai.

"Kalau ditanya apakah ini akan jadi neo bank? Iya. Dompleng (bergabung) kepada ATM dan networking BCA. Ada satu branch saja secara nasional," kata Jahja dalam paparan kinerja BCA secara virtual, Senin (8/2/2021).

Baca juga: PNM Belum Berani Janji Bunga Turun di Bawah 10 Persen

Di saat yang sama, Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim mengutarakan, bank digital nantinya akan menyasar nasabah milenial secara khusus.

Adapun saat ini, proses pengembangan aplikasi bank digital masih terbatas pada internal perseroan.

"Saat ini kita sedang piloting secara internal. Kita rencanakan akan launch pada masyarakat di semester I tahun ini. silakan ditunggu siap melayani nasabah terutama para milenial," ungkap Vera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, minat BCA membentuk bank digital sudah terlihat sejak tahun 2019. Minat makin terbentuk saat BCA resmi mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia.

Baca juga: Ini Strategi Widodo Makmur Unggas Gaet Investor

Perjanjian akta jual beli saham dilakukan setelah BCA mendapat persetujuan efektif dari OJK.

Dengan penandatangan akta jual beli tersebut, BCA resmi memiliki 99,99 persen saham Bank Royal. Sementara sisanya sebesar 0,01 persen dikuasai oleh PT BCA Finance.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.