Diborong Tesla Rp 21 Triliun, Harga Bitcoin Tembus Rp 618 Juta

Kompas.com - 09/02/2021, 07:04 WIB
First Impression Tesla Model 3 KOMPAS.com/DIO DANANJAYAFirst Impression Tesla Model 3

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan mobil listrik, Tesla pada Senin (8/2/2021) waktu Amerika Serikat mengumumkan telah membeli bitcoin sebesar 1,5 miliar dollar AS.

Jumlah tersebut setara dengan Rp 21 triliun (kurs RP 14.000).

Langkah Tesla tersebut mendorong harga bitcoin menyentuh angka 44.200 dollar AS atau Rp 618,8 juta. Selain itu, harga saham Tesla pun melonjak lebih dari 2 persen pada perdagangan Senin pagi.

Dilansir dari CNBC, Selasa (9/2/2021) dalam sebuah dokumen yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Perdagangan (SEC), perusahaan mengatakan telah membei bitcoin untuk melakukan diversifikasi dan membuat aset perusahaan lebih fleksibel.

Baca juga: Dalam Tiga Hari Harga Bitcoin Sudah Anjlok 20 Persen, Berisiko Bubble?

Di dalam dokumen yang diajukan ke SEC tersebut, Telsa pun memberi peringatan kepada investor mengenai volatilitas dari bitcoin.

Selain itu, perusahaan juga mengatakan pembelian mata uang kripto tersebut dilakukan untuk memaksimalkan imbal hasil uang tunai yang mereka miliki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tesla pun mengatakan, perusahaan juga mulai menerima pembayaran dan transaksi dengan bitcoin untuk produk mereka. Namun demikian, hal itu hanya dilakukan untuk produk-produk tertentu.

Dengan demikian, Tesla menjadi produsen mobil pertama yang menerima pembayaran dengan bitcoin.

Bitcoin senilai Rp 21 triliun yang perusahaan miliki akan memberikan likuiditas bila Tesla mulai menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk kerap disorot lantaran berkontribusi terhadap kenaikan harga mata uang kripto, mulai dari bitcoin hingga bitcoin. Melalui akun Twitter, Musk kerap mengunggah pesan positif terkait mata uang kripto dan mendorong lebih banyak orang untuk berinvestasi melalui mata uang digital tersebut.

Dua pekan lalu, miliarder tersebut bahkan menambahkan tagar #bitcoin di bio Twitternya. Langkah Musk tersebut membuat harga bitcoin melambung hingga 20 persen.

Baca juga: Mau Bikin Uang Digital Sendiri, India Bakal Larang Bitcoin Cs

https://www.cnbc.com/2021/02/08/tesla-buys-1point5-billion-in-bitcoin.html

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.