Kompas.com - 10/02/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot menguat pada pagi ini, Rabu (10/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.19 berada pada level Rp 13.984 per dollar AS atau menguat 0,08 persen (11 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 13.995 per dollar AS.

Penguatan rupiah pagi ini tidak terlepas dari sentimen proyeksi Bank Indonesia yang menyebutkan aliran modal asing ke RI bisa tembus 19,6 miliar dollar AS, tertinggi kedua setelah China.

Baca juga: PNS Bepergian Selama Long Weekend, Siap-siap Kena Sanksi

Proyeksi ini disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI secara virtual kemarin, Selasa (9/2/2021). Proyeksi ini meningkat dari estimasi sebelumnya, yakni 19,1 miliar dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, seharusnya sentimen tersebut bisa mendorong penguatan rupiah, namun nilai tukar regional terhadap dollar AS pagi ini melemah. Hal ini berpeluang mendorong mata uang garuda ikut melemah.

“Harusnya bisa mendorong penguatan rupiah. Namun, rupiah mungkin bisa berbalik melemah hari ini terhadap dollar AS mengikuti pelemahan nilai tukar regional terhadap dollar AS pagi ini,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ariston menilai pernyataan Bank Indonesia tersebut juga menjadi sentimen positif, yang menunjukkan potensi pemulihan ekonomi global, termasuk Indonesia.

Baca juga: Boeing Kirim 26 Pesawat, Termasuk 21 Tipe 737 Max

“Pernyataan tersebut seiring dengan potensi pemulihan ekonomi global termasuk Indonesia, pelaku pasar mulai masuk ke aset-aset berisiko untuk mencari imbal hasil yang lebih tinggi,” tegas dia.

Sayangnya, rilis data Indeks Harga Konsumen China yang di bawah estimasi, menjadi pemicu pelemahan mata uang regional. IHK yang turun bisa mengindikasikan pemulihan ekonomi di China belum stabil.

“Ini bisa menekan minat pasar terhadap asset berisiko. Di sisi lain, sentimen stimulus fiskal AS masih bisa menahan pelemahan rupiah hari ini,” tambah dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bisa bergerak pada kisaran Rp 13.980 per dollar AS sampai dengan Rp 14.030 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.