Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Operasikan Kapal Tanker Raksasa dengan Kapasitas Angkut 2 Juta Barel Minyak

Kompas.com - 10/02/2021, 14:07 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan kapal tanker Very Large Crude Carrier (VLCC) dengan kapasitas angkut mencapai 2 juta barel.

Tanker berukuran 301.000 deadweight tonnage (DWT) bernama Pertamina Pride itu telah dibangun di Galangan Japan Marine United (JMU) sejak tahun 2018 dan mulai berlayar pada 9 Februari kemarin.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury berharap, kehadiran VLCC ini mampu menciptakan rantai pasok yang lebih efisien, sehingga Pertamina dapat lebih kompetitif dengan perusahaan minyak dan gas (migas) lainnya.

Baca juga: Pertamina Kaji Ulang Kontrak LNG Mozambik, ini Alasannya

“Kami berharap Pertamina mampu mengoptimalkan utilisasi Pertamina Pride sehingga memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan tentu saja bagi negara," ujar Pahala dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (10/2/2021).

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, pengadaan VLCC ini dilakukan setelah melalui proses pemikiran dan strategi bisnis yang matang, guna memperkuat rantai pasok.

“Proyek pembangunan 2 unit kapal tipe VLCC bertujuan untuk mengamankan pasokan kebutuhan minyak mentah ke refinery atau kilang Pertamina,” kata Nicke.

Dengan beroperasinya kapal VLCC ini, diproyeksikan dapat menjadi revenue generator dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan menangkap peluang bisnis angkutan internasional.

Baca juga: Pertamina Buka Strategi Cetak Laba Rp 14 Triliun

“PIS yang mengembang usaha utama pelayaran atau pengangkutan laut bertugas sebagai supporting supply chain distribusi atau pengangkutan kargo impor Pertamina dengan skema FOB atau Free On Board,” kata Nicke.

Sebagai informasi, Pertamina Pride merupakan kapal dengan single screw driven single deck type crude oil tanker, yang memiliki panjang keseluruhan (LOA) sebesar 329.904 meter, DWT sebesar 301,781 ton, gross tonnage sebesar 157,116 ton, dan cargo carrying capacity sebesar 2 juta barel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com