HIngga Januari, Sudah Tersedia 100 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Kompas.com - 10/02/2021, 19:02 WIB
Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU KOMPAS.com/RULY KURNIAWANKendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah konsisten dengan implementasi kebijakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Hingga Januari 2021, sudah ada 100 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk kendaraan listrik di 72 lokasi.

SPKLU tersebut tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Baca juga: Mengadopsi Kendaraan Listrik, Belajarlah dari India

"Penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk KBLBB dilaksanakan melalui penugasan kepada PT PLN, tetapi dalam melaksanakan tugasnya dapat bekerja sama dengan BUMN (badan usaha milik negara) maupun badan usaha lainnya," ujar Koordinator Penyiapan Usaha Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumberdaya Maritim (KESDM) Ferry Triansyah melalui keterangan tertulis, Rabu (10/2/2021).

Untuk meningkatkan program KBLBB, pemerintah memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha.

Kemudaha tersebut antara lain pemasangan SPKLU gratis bagi badan usaha, kemudahan perizinan pembangunan SPKLU, bebas rekening minimum selama dua tahun, penangguhan jaminan langganan, hingga diskon tarif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ferry menyebutkan, terdapat empat tipe SPKLU.

Tipe pertama adalah pengisian lambat yang merupakan instalasi khusus di rumah dengan daya keluaran kurang dar 3,7 kilowatt (kW).

Baca juga: Gandeng PLN, Medco Ikut Terjun di Industri Kendaraan Listrik

Tipe kedua, pengisian menengah yang dapat ditemukan di instalasi khusus, seperti di kantor dengan daya keluaran kurang dari 22 kW.

Berikutnya, tipe ketiga termasuk pengisian cepat yang dapat ditemukan di SPKLU dengan daya keluaran kurang dari 50 kW.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.