Ini Hal yang Harus Diperhatikan Para Startup agar Dilirik Investor Besar

Kompas.com - 11/02/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi startup Thinkstockphotos.comIlustrasi startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai startup saat ini banyak bermunculan di Tanah Air. Agar bisa berkembang diperlukan banyak modal untuk mengeksekusinya.

Salah satu sumber modal untuk mengembangkan bisnis yang dirintis startup adalah dari investor.

Wakil Sekjen Asosiasi Modal Ventura Untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Andreas Surya membeberkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para startup agar dilirik oleh para startup besar.

Baca juga: Investor Bitcoin Sebut Tweet Elon Musk soal Dogecoin Mengkhawatirkan, Mengapa?

"Pertama adalah tim pendiri atau CEO. Mereka akan melihat apakah tim pendiri mempunyai kapabilitas untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis atau tidak," ujarnya dalam webinar Strategi dan Teknik PMV Menilai Kelayakan Startup yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (10/2/2021).

Menurut dia faktor ini cukup penting. Sebab berjalan atau tidaknya startup  tergantung bagaimana CEO-nya berperan.

Kedua adalah pangsa pasar. Perusahaan modal ventura akan melihat seberapa besar potensi pasar yang berkembang untuk bisnis yang akan dijalankan oleh startup tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada produk yang diolah.

"Apakah produk dapat diterima di pasar dan memiliki diferensiasi dibanding kompetitor lain? Setidaknya harus ada yang unik dan yang berbeda dari pemain sebelah," ucapnya.

Terakhir adalah potensial. Dia bilang, modal ventura akan menilai dari sisi finansial untuk melihat apakah startup tersebut akan menguntungkan di masa mendatang.

Baca juga: Hingga Januari, Sudah Tersedia 100 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

"Historis finansial akan lihat, proyeksi juga kita lihat. Asumsinya apakah cocok atau enggak dan ini penting. Dulu mungkin investor enggak peduli profit tapi sekarang ini mulai penting, apakah bisnis ini make sense dan dalam satu titik akan mencapai profit," jelas dia.

Dia menyebut tidak masalah jika startup tidak mencatatkan profit di 5-6 tahun di awal, asal tidak selamanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X