Jelang Long Weekend, IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Menguat

Kompas.com - 11/02/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (11/2/2021) atau hari terakhir perdagangan pekan ini.

IHSG menguat 20,6 poin (0,33 persen) pada level 6.222,52.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan, penguatan IHSG sore ini terdorong oleh beberapa sentimen positif, yaitu pasar mengapresiasi pemulihan ekonomi global, kebijakan pelonggaran moneter The Fed, dan program vaksinasi massal.

Baca juga: IHSG Pagi Ini Melaju di Zona Hijau

Menurut dia, penguatan IHSG hari ini juga ditopang oleh respons pasar terhadap komitmen Presiden AS Joe Biden yang akan menetapkan kebijakan stimulus fiskal senilai 1,9 triliun dollar AS.

“Selain itu, pasar juga mengapresiasi peran pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan, komitmen BI dalam terus menerapkan kebijakan QE, dan tren kenaikan harga komoditas dunia,” jelas Nafan kepada Kompas.com.

Top gainers sore ini antara lain, Itama Ranoraya (IRRA) yang meroket 13,9 persen ke posisi Rp 2.290. Kimia Farma (KAEF) menguat 6,8 persen menjadi Rp 3.740, dan saham Vale Indonesia (INCO) yang juga naik 5,8 persen di level Rp 6.375.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Top losers sore ini antara lain, Ace Hardware (ACES) dengan penurunan 2,4 persen pada level Rp 1.570. Kemudian, saham Aneka Tambang (ANTM) yang melemah 2,05 persen di level Rp 2.870, dan Waskita Karya (WSKT) yang juga terkoreksi 1,5 persen pada level Rp 1.555.

Total volume transaksi bursa sore ini sebesar 11,4 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 10,5 triliun. Investor asing mencatatkan net sell Rp 14,4 miliar di seluruh pasar.

Baca juga: Sektor Tambang Makin Kinclong, Saham Andalan Kaesang Melesat 7,3 Persen

Adapun saham-saham dengan pembelian bersih terbesar asing yakni BRI (BBRI) Rp 198,7 miliar, Telkom Indonesia (TLKM) Rp 38,5 miliar, dan Indofood Sukses Makmur (INDF) Rp 13,7 miliar.

Sedangkan saham-saham dengan penjualan bersih terbesar asing yakni Astra International (ASII) Rp 105,5 miliar, Tower Bersama Infrastructure (TBIG) Rp 64,4 miliar, dan Bank BCA (BBCA) Rp 33,3 miliar.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot sore ini juga berakhir di teritori positif.

Melansir data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 28 poin (0,2 persen) di level Rp 14.002, dibandingkan penutupan sebelumnya di level Rp 14.030.

Baca juga: Fundamental Bagus, Saham-saham BUMN Jadi Incaran Investor

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.