Rupiah Ditutup Menguat Jelang Libur Panjang

Kompas.com - 11/02/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat di pasar spot pada Kamis (11/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah menguat 10 poin (0,07 persen) pada level Rp 13.972 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 13.982 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, akibat lambatnya pemulihan ekonomi domestik, Bank Indonesia diproyeksikan akan menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 3,5 persen dalam pertemuan minggu depan.

Ibrahim bilang, ada beberapa faktor yang akan mempengaruhinya, diantaranya adalah kinerja pertumbuhan ekonomi yang mengecewakan dan perlu ada upaya ekstra untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar bisa lebih kencang lagi.

“Salah satunya dengan cara menurunkan suku bunga acuan, saat suku bunga rendah maka pengusaha dan rumah tangga akan terangsang untuk mengambil kredit sehingga akan menjadi motor pertumbuhan ekonomi,” jelas Ibrahim dalam siaran pers.

Baca juga: BTN Bidik Laba Tembus Rp 2,8 Triliun Sepanjang 2021

Di sisi lain, tekanan inflasi juga sangat minim, sebagai informasi pada Januari 2021 Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadi inflasi sebesar 0,26 persen dan 1,55 persen, atau melambat dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 0,45 persen month to month (MtM), dan 1,68 persen secara tahunan (YoY). Sedangkan di bulan Februari ada kemungkinan inflasi di 0,01 persen mtm dan 1,25 persen YoY.

Disamping inflasi, nilai tukar mata uang rupiah saat ini relatif stabil bahkan cenderung menguat, oleh karena itu apabila Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 3,5 persen itu sangat di mungkinkan.

“Pertumbuhan ekonomi perlu ada pendorong, yang pasti pendorong itu terutama dari otoritas Bank Indonesia ditengah resiko kasus Covid-19 yang masih tinggi, mengganggu normaslisasi ekonomi,” tegas Ibrahim.

Baca juga: Jelang Long Weekend, IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Menguat



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X