Ramai-ramai Diadopsi, Harga Bitcoin Tembus Rp 672 Juta

Kompas.com - 12/02/2021, 08:58 WIB
Ilustrasi Bitcoin. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi Bitcoin.

NEWYORK, KOMPAS.com - Harga bitcoin kembali melonjak kedua kalinya minggu ini, lebih dari 48.000 dollar AS per bitcoin atau setara dengan Rp 672 juta (kurs Rp 14.000). Posisi ini merupaka yang tertinggi sepanjang sejara perdagangan aset kripto ini.

Lonjakan harga bitcoin dipengaruhi oleh maraknya perusahaan keuangan yang mengadopsi mata uang kripto paling bernilai ini sebagai alat pembayaran. Teranyar, Bank of New York Mellon dan Mastercard yang mengumumkan peningkatan bisnisnya dengan bitcoin.

Mata uang kripto paling berharga di dunia itu tembus ke level 48.297 dollar AS atau Rp 675,7 juta mengutip data situs CoinDesk. Sebelumnya mata uang kripto naik sekitar 7 persen menjadi 47.913 dollar AS per bitcoin.

Pada Kamis w(11/2/2021) aktu New York, bank tertua AS BNY Mellon menjadi penyedia hak asuh utama serta menyatakan akan mulai mendanai bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Baca juga: Investor Bitcoin Sebut Tweet Elon Musk soal Dogecoin Mengkhawatirkan, Mengapa?

Perusahaan nantinya mengizinkan aset mata uang kripto mengakses jaringan keuangan yang sama, yang saat ini digunakan untuk aset yang lebih tradisional seperti obligasi dan saham AS.

"BNY Mellon bangga menjadi bank global pertama yang mengumumkan rencana penyediaan layanan terintegrasi untuk aset digital," kata CEO layanan aset dan kepala digital di BNY Mellon Roman Regelman.

Sementara Mastercard menyatakan akan mendukung mata uang kripto sebagai alat pembayaran di beberapa titik jaringannya akhir tahun ini.

Wakil Presiden Eksekutif Mastercard Raj Dhamodharan mengatakan, perseroan berusaha memberikan alternatif pembayaran, namun tidak bermaksud merekomendasikan pelanggannya menggunakan mata uang kripto.

Dhamodharan pun menjelaskan mekanisme pembayaran. Ketika pelanggan ingin membeli sesuatu dengan mata uang kripto, mitra kripto Mastercard akan mengubah mata uang digital menjadi mata uang tradisional. Kemudian uang tersebut akan dikirim ke jaringan Mastercard.

Namun, tidak semua mata uang kripto akan diterima sebagai alat pembayaran. Hingga kini, baru bitcoin yang diterima Mastercard sebagai alat pembayaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X